Meski bukan mayoritas muslim, Jerman ternyata punya masjid yang unik. Sebuah masjid unik di tengah kota tua Koln Jerman ini terbesar di wilayah Koln, salah satu pusat kegiatan dan kebudayaan Islam di salah satu negara bagian Nordrhein Westfalen. Masjid ini juga menjadi simbol modernisme dan keterbukaan.

Koln memang terkenal dengan bangunan kuno khas yang memikat wisatawan. Hadirnya Cologne Central Mosque ini, menambah nuansa klasik yang Islami kota ini. Kompleks masjid ini terdiri atas halaman yang terbuka menghadap ke Venloer Strasse, Koln. Luasnya 4.500 meter persegi dan sanggup menampung 2.000 â?? 4.000 jemaah.

deutsche-islam-konferenz.de

Masyarakat Uni Islam Turki telah membangun masjid besar di sudut distrik Ehrenfeld. Di Masjid cantik ini, didesain dengan gaya arsitektur Ottoman dengan dinding kaca, dua menara, dan sebuah kubah. Pembangunan masjid dimulai sejak Agustus tahun 2011 secara bertahap. Meski sempat mendapat protes dari sejumlah pihak, namun terwujudnya masjid ini merupakan bukti keterbukaan Islam di Jerman.

Ruang salat ini sekaligus menjadi ciri khas menjadi ini. Berupa ruang lapang yang terdiri atas beberapa dinding berlapis mirip cangkang kerang. Di tengah dinding-dinding ini dibangun kubah kaca yang dilimpahi kaca. Kubah dengan tinggi mencapai 35 meter ini dibuat seperti bola dunia yang transparan, sehingga bagian dalam masjid bisa terlihat dari luar.

worldbulletin.net

Sementara eksterior bangunan utama, bangunan pendukung, dan menara masjid didominasi warna putih. Bangunan ini bercirikan kerangka kaca, beton dan kayu, serta dengan kubah transparan yang tampak elegan. Cologne Central Mosque diapit oleh dua menara 55 meter membentuk seperti bambu runcing.

Arsitektur masjid sangat unik dan mengundang tanya banyak wisatawan saat melintas di depan jalanan masjid. Ada fasilitas pendukung seperti perpustakaan, ruang seminar, dan kantor administrasi masjid yang memudahkan wisatawan.

Tak hanya itu, di sini, kamu bisa menyaksikan sebuah kolam ditempatkan di tengah masjid. Kolam cantik ini berguna untuk menghubungkan dua lantai. Tujuan kolam adalah untuk menciptakan suasana menyenangkan. Arsitek juga memberikan kawasan non ibadah seperti restoran, ruang serba guna, dan toko yang terbuka bagi umum.