Selama ini kita menganggap tradisi mudik saat Lebaran hanya terjadi di Indonesia. Ternyata, tradisi mudik ini juga dilakukan di negara lain selain Indonesia. Negara mana saja? Berikut 5 negaranya, seperti dilansir dari 7Twistcom.

1. Malaysia

Mudik di Malaysia (7Twist)
Mudik di Malaysia (7Twist)

Negara tetangga kita ini juga melakukan mudik ketika Lebaran, yang dikenal dengan istilah balik kampong. Sebelum mudik, mereka membeli keperluan mudik, dan masyarakat kampung sibuk mempersiapkan segala macam keperluan untuk menyambut keluarganya dari kota. Setelah itu, mereka bermaaf-maafan, mengunjungi makam, makan besar, dan ada tradisi bagi-bagi uang atau angpau juga. Selain sata Lebaran, warga Malaysia juga mudik saat Imlek.

2. Bangladesh

Mudik di Bangladesh (7Twist)
Mudik di Bangladesh (7Twist)

Beberapa hari sebelum Lebaran, jalanan di Bangladesh sudah ramai orang yang mau mudik. Sama dengan di Indonesia, di sana juga mudik menggunakan bus, kereta, dan kapal laut. Kabarnya, Bangladesh Railway (BR) menjual ratusan ribu tiket untuk mempermudah perjalanan, karena masyarakat di sana katanya lebih senang mudik menggunakan kereta dibanding alat transportasi darat lainnya.

3. Turki

Mudik di Turki (7Twist)
Mudik di Turki (7Twist)

Perayaan Lebaran di Turki dikenal dengan sebutan Bayram. Setiap orang yang berpapasan di jalan akan saling mengucap â??Bayramnz Kutlu Olsun,â? â??Mutlu Bayramlar,â? atau â??Bayramnz Mubarek Olsun.â? Ketika mengucapkan kata itu, orang yang lebih muda akan mencium tangan kanan orang yang lebih tua dan menempatkannya di dahi mereka. Anak kecil juga akan mendapat permen tradisional dan coklat, seperti Baklava dan Lokum, dan mendapat uang dari kerabatnya. Mereka akan pergi ke rumah-rumah tetangganya, sehabis itu mereka menemui keluarga dan teman-temannya menggunakan pakaian terbaik mereka. Setelah itu, mereka akan makan besar dan mengunjungi makam keluarga yang sudah meninggal.

4. Tiongkok

Mudik di Tiongkok (7Twist)
Mudik di Tiongkok (7Twist)

Warga muslim di Tiongkok juga melakukan mudik tiap tahunnya. Kelompok muslim di Tiongkok totalnya sekitar 18 juta jiwa. Saat Lebaran, laki-laki muslim memakai jas khas dan kopiah putih, sedangkan yang wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tutup. Mereka juga melakukan silaturahmi dan makan-makan bersama keluarga besar.

5. Nigeria

Mudik di Nigeria (7Twist)
Mudik di Nigeria (7Twist)

Negara ini mayoritas penduduknya beragama Islam dan Kristen, sehingga saat Lebaran tiba, tidak sedikit orang nonmuslim berpartisipasi untuk memeriahkan hari raya tersebut. Lebaran di Nigeria dikenal sebagai â??Sallah Kecilâ? dan mereka akan menyapa satu sama lain dengan ucapan tradisional â??Barka Da Sallah,” yang artinya â??Salam di Sallahâ? dalam bahasa Hausa. Ketika mendekati Lebaran, banyak orang pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan kerabat mereka dan mendapatkan sejumlah uang. (tom/rei)