Trio pop punk veteran asal Yogyakarta, Endank Soekamti, belakangan ini baru saja menyelesaikan proses penggarapan film panjang 360 derajat yang diklaim sebagai pertama di dunia. Filmnya sendiri bakal berdurasi sekitar 90 menit dan diberi judul “Vlog Fest”.

Endank Soekamti beserta tim produksi melaksanakan proses shooting Vlog Fest di Gunung Bromo, Jawa Timur. Vokalis sekaligus bassis Erix merangkap menjadi sutradara untuk film ini. Persiapan keberangkatan tim Endank Soekamti menuju Bromo dan proses pembuatan filmnya dapat disaksikan lewat serial Video Blog (Vlog) Erix bernama “Diary of Endank Soekamti” (DOES).

Dalam proses produksi “Vlog Fest”, Endank Soekamti bekerja sama dengan komunitas Traveler Malang. Film ini digarap oleh Endank Soekamti dengan modal yang rendah. Rencananya Erix akan membuka data biaya “Vlog Fest” secara keseluruhan agar dapat ditiru oleh para sineas lain dan “Vlog Fest” dapat dirilis setiap tahunnya.

Endank Soekamti (Lyricstunes)
Endank Soekamti (Lyricstunes)

Agenda tahunan “Vlog Fest” ini memiliki tujuan untuk penggalangan dana pendidikan. Hasil pendapatan dari film edisi pertamanya ini akan didedikasikan untuk sekolah animasi gratis yang dibangun oleh Erix bernama Does University. Does University sendiri belakangan ini baru saja membuka pendaftaran siswa baru untuk angkatan keduanya.

Nantinya film “Vlog Fest” akan disertakan ke dalam sebuah box set dengan menyertakan barang-barang menarik lainnya seperti kaus eksklusif Vlog Fest 2016, Sertifikat kepemilikan, video Behind the Scene selama 60 menit, juga VR Glass untuk menyaksikan filmnya yang berformat 360 derajat. Rencananya box set tersebut akan dibiayai sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu.

Masih belum diketahui kapan tanggal rilis film ini. Untuk sementara, kamu bisa lihat video proses pembuatan “Vlog Fest” berikut ini.

(tom)