Magenta sedang menciptakan lagu (Mirror)

Google beraksi mengeluarkan sebuah proyek baru yang melibatkan seni dan Artificial Intelligence (AI). Proyek bernama Magenta itu menghasilkan robot yang bisa menciptakan musik dan bernyanyi.

Dilansir dari Mirror, Rabu (22/6/2016), Google mengumumkan proyek Magenta di gelaran Moogfest, sebuah festival teknologi, musik dan seni yang dihelat di North Carolina belum lama ini.  Proyek Magenta akan dikerjakan persis seperti proyek AI lainnya seperti Deep Dream, yang akan menggunakan mesin pembelajaran (machine learning).

Singkat kata, machine learning di sini maksudnya adalah bekerja dengan software untuk menganalisis dan memproduksi beberapa contoh aktivitas.

Magenta sedang menciptakan lagu (Mirror)
Magenta sedang menciptakan lagu dalam ajang Moogfest (Mirror)

Cara kerja Magenta cukup kompleks. Robot ini akan ‘mendengarkan’ musik selama berjam-jam. Setelah itu, ia akan memilah skema dari musik yang didengarkan dan memproduksi jenis musik baru.

Selain memberikan musik yang bisa didengarkan, Google juga bekerja sama dengan beberapa musisi untuk memperdengarkan karya musiknya kepada robot ini. Google yakin, Magenta akan sangat berguna menjadi robot yang memproduksi jenis musik baru dan bahkan bisa diperdengarkan ke publik.

Hingga saat ini, proses pengembangan Magenta masih dalam tahap jauh dari kata rampung dan belum bisa dipastikan apakah memang dapat digunakan secara komersial atau tidak.

Namun seperti yang diwartakan Newsweek, apabila proyek Magenta ini berhasil, dipastikan muncul beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah apakah program tersebut dapat dianggap sebagai karya seni seperti halnya karya Beethoven.

Seperti apa AI yang bisa menciptakan lagu ini? Langsung tonton videonya berikut ini.

(tom)