Ini Dia Anggota TNI Terkuat, Bisa Push-up Sampai 21 Jam

Kalau dalam cerita superhero, Amerika Serikat memiliki satu prajurit super bernama Captain America. Ternyata, prajurit seperti Captain America itu juga ada di dunia nyata, dan lebih hebat lagi prajurit itu ada di Indonesia. Dia adalah Kopral Subagyo Lelono.

Bisa dibilang kalau Kopral Subagyo adalah anggota TNI terkuat. Hal itu bisa dibuktikan lewat aksi-aksi ekstrem yang pernah dia lakukan. Salah satunya adalah melakukan push-up hingga lebih dari 21 jam, tepatnya 21 jam 40 menit.

Aksi push-up terlama yang dilakukan Kopral Subagyo itu dilakukan pada tahun 2006. Aksi itu membuatnya tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri), dengan kategori push up terlama.

Penghargaan Muri untuk Kopral Subagyo (Merdeka)
Penghargaan Muri untuk Kopral Subagyo (Merdeka)

Masih berhubungan dengan push-up, pada tanggal 22 Juni 2011, atraksi ekstrem Subagyo adalah push up dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada kepala. Push up dilakukan saat mobil berjalan. Hebatnya, push up, tidak berhenti sampai mobil itu berputar dari Kawasan Kerten hingga ke markasnya di Jalan Arifin Solo. Ada sekitar 2 jam Subagyo beratraksi ekstrem itu.

Kopral Subagyo juga pernah melakukan push-up satu jari. Pada peringatan Hari Juang Kartika di Ambarawa tahun 2010, Kopral Subagyo push dengan satu tangan di atas punggung. Saat itu dirinya di sela-sela acara perlombaan pasang tenda, memanfaatkan waktu jeda istirahat.

“Atas inisiatif saya, saya langsung push up dengan satu tangan di atas panggung di depan Kasad dan Pangdam Diponegoro. Setelah puas dengan satu tangan, saya push up dengan satu jari,” ujarnya seperti dikutip dari Merdekacom, Rabu (22/6/2016).

Atas aksi spontan tersebut Subagyo mendapat medali sebagai “Prajurit kuat tentara hebat”. Penghargaan tersebut menurutnya, belum pernah diterima orang lain.

Medali Prajurit Kuat Tentara Hebat (Merdeka)
Medali Prajurit Kuat Tentara Hebat (Merdeka)

Aksi ekstrem Kopral Subagyo tak berhenti sampai di situ. Dalam rangka HUT TNI, 5 Oktober 2012, Subagyo memenuhi janjinya dengan melakukan jalan kaki atau lari kecil mengelilingi Istana Mangkunegaran Solo, selama 24 jam nonstop.

Saat mengakhiri aksinya, Subagyo terlihat sangat kelelahan, namun masih semangat. “Saya bangga bisa melakukan ini. Jenderal Sudirman saja, dengan paru-paru satu masih bisa memimpin perang. Apalagi saya cuman jalan kaki. Itu yang membuat saya semangat,” ujarnya.

Kopral Subagyo (kiri) (Merdeka)
Kopral Subagyo (kiri) (Merdeka)

Pada 14 Desember 2012, Kopral Subagyo kembali melakukan aksi ekstrem, yaitu koprol sepanjang 5 km. Dia berjungkir balik badan sepanjang 5 km. Aksi ini diawali dari depan Markas Komando Resor Militer (Korem) 074/Warastratama di Solo. Rutenya adalah menyusuri Jalan Slamet Riyadi yang berakhir di Bundaran Gladag Solo.

Subagyo, yang didampingi sejumlah rekannya, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menyelesaikan aksinya itu. Menurut Subagyo, koprolnya merupakan bentuk pembelajaran bagi generasi muda, dan memberi gambaran nyata bahwa fisik dan mental prajurit harus terus diasah. (tom)

Apa Komentarmu
Tunggu Dong...