Liburan musim panas telah tiba, setiap orang mulai sibuk merencanakan liburannya untuk dapat menikmati hangatnya matahari. Beragam destinasi mulai dari pegunungan, pantai, perkampungan, hingga kota-kota mancanegara menjadi beberapa pilihan yang menyenangkan untuk dikunjungi. Tempat-tempat yang dapat menjadi penghilang stres atas padatnya rutinitas, menjadi sasaran setiap orang untuk mengisi libur panjangnya.

Dari beberapa tujuan berlibur, rasanya festival musik juga menjadi pilihan yang tidak dapat dilewatkan. Menikmati keindahan wisata dalam negeri atau bahkan mancanegara sambil menyaksikan penampilan band-band yang digemari, tentu dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan sangat mengasyikkan.

Dilansir dari Rollingstonecoid, Kamis (23/6/2016), berikut adalah 5 festival musik musim panas dunia yang sayang jika dilewatkan.

1. Soundrenaline 2016, Bali, Indonesia (3-4 September)

Satu festival musik yang akan digelar di Indonesia adalah Soundrenaline di GWK, Bali. Acara yang disebut-sebut sebagai salah satu pionir festival musik di Indonesia ini akan hadir dengan konsep baru dan tak kalah seru dari tahun-tahun sebelumnya. Seperi dilansir situs resmi Soundrenaline, di tahun ini akan ada kejutan dari konsep kolaborasi spesial yang telah mereka persiapkan. Adapun beberapa musisi lokal yang telah dipastikan akan tampil, di antaranya Isyana Sarasvati, Sheila on 7, Efek Rumah Kaca, Barasuara, Mocca, Maliq & D”essentials, /rif, Dipha Barus, dan NTRL. Harga tiket yang ditawarkan di tahun ini seharga Rp 150 ribu untuk dua hari pertunjukan.

2. F1 Singapore Grand Prix, Singapura (16-18 September)

Bagi penikmat musik yang juga gemar dengan pertandingan balap Formula 1, F1 Grand Prix Singapura juga dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur. Acara bergengsi ini turut menghadirkan konser musik dari sejumlah artis terkemuka yang diundang untuk meramaikan perhelatan acara ini. Seperti dilansir situs resmi F1 Singapore Grand Prix, artis yang akan mengisi panggung musik di acara ini adalah Queen + Adam Lambert, Kylie Minogue, Bastille, Pentatonix, dan KC and The Sunshine Band. Adapun tiket yang ditawarkan untuk mengisi bangku-bangku penonton dalam Grand Prix ini dibandrol dengan harga mulai dari 278 SGD (Rp 3,7 juta) hingga 1288 SGD (Rp 17 juta).

3. Fuji Rock Festival, Jepang (22-24 Agustus)

Perhelatan festival musik outdoor terbesar di Jepang, Fuji Rock Festival akan segera digelar kembali tahun ini. Festival musik rock yang dilangsungkan setiap tahun sejak 1997 ini, kembali mengundang beberapa musisi rock internasional di perhelatannya yang ke-20. Sebutlah beberapa nama seperti, Sigur Ros, Red Hot Chili Peppers, James Blake, Disclosure, dan Beck dipastikan akan tampil di Fuji Rock Festival 2016. Festival ini terbagi dalam 4 panggung, yaitu Green Stage, White Stage, Red Marquee, dan Field of Heaven. Selain itu, area berkemah bagi para pengunjung yang bermalam juga turut disediakan dalam area festival ini. Harga tiket disesuaikan jumlah hari yang didatangi pengunjung. Untuk tiket satu hari, diberi harga 19 ribu Yen (Rp 2,4 juta), dua hari seharga 36 ribu Yen (Rp 4,6 juta), dan tiga hari seharga 43 ribu Yen (Rp 5,5 juta).

4. We The Fest, Indonesia (13-14 Agustus)

Festival musik tahun ini juga akan digelar di Indonesia dalam We The Fest (WTF) oleh Ismaya Live. Diadakan setiap tahun sejak 2014, WTF mengundang sejumlah artis lokal dan mancanegara dalam perhelatannya yang ketiga ini. Di antaranya, Mackelmore and Ryan Lewis, Mark Ronson, the 1975, The Temper Trap, Breakbot, dan Hayden James. Tak ketinggalan beberapa artis lokal seperti Sheila on 7, Barasuara, Kelompok Penerbang Roket, Silampukau, dan Adithia Sofyan juga turut meramaikan WTF 2016. Pintu masuk akan dibuka pada pukul 12.00 WIB. Selain musik, acara ini juga mengusung beberapa tema utama, yakni seni, fashion, dan kuliner. Para pengunjung yang akan hadir dibandrol tiket dengan kisaran harga Rp 520 ribu-Rp 1, 72 juta. Adapun paket penginapan hotel yang berkisar Rp 5,9 juta-Rp 6,6 juta.

5. Rock Fest, Spanyol (15-17 Juli)

Rock Fest 2016 merupakan sebuah festival yang menghadirkan band-band metal kelas dunia selama tiga hari. Festival ini terdiri atas dua panggung, di mana penampilan band akan dilangsungkan di satu panggung secara bergantian. Adapun beberapa band cadas ternama yang diundang dalam acara tahun ini, yakni Iron Maiden, Slayer, Whitesnake, Anthrax, Twisted Sister, dan Dragon Force. Pada hari pertama, pintu masuk akan dibuka pukul 11.00 waktu setempat, dan acara akan dimulai pukul 13.00 waktu setempat. Tiket yang dibandrol berkisar antara 100-170 euro (Rp 1,5-Rp 2,5 juta) seperti dilansir situs resmi Rock Fest. (tom)