Setelah satu bulan lamanya kita berpuasa, maka di akhir bulan Ramadan kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, atau dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Lebaran. Selain identik pakaian baru, Lebaran juga identik dengan makanan-makanan yang enak khas Indonesia. Dilansir dari Dbaguscom, Kamis (23/6/2016), berikut adalah 5 makanan yang hanya ada di Indonesia saat Lebaran.

1. Ketupat

Ketupat (Deviantart)
Ketupat (Deviantart)

Tanpa adanya ketupat, Lebaran terasa ada yang kurang bagi masyarakat Indonesia. Ketupat adalah makanan yang berasal dari beras, yang dibungkus dengan daun muda kelapa. Secara keseluruhan, ketupat ini sama dengan nasi, hanya berbeda penyajian saja.

2. Opor ayam

Opor ayam (Pbase)
Opor ayam (Pbase)

Lagi-lagi, ketupat tanpa kehadiran opor ayam saat Lebaran rasanya kurang lengkap. Menu makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan, dengan campuran rempah-rempah lainnya. Makanan ini juga cocok disantap di luar hari Lebaran.

3. Sambal goreng kentang

Sambal goreng kentang (Resepkoki)
Sambal goreng kentang (Resepkoki)

Sebagai pelengkap hidangan Hari Raya Lebaran, ada sambal goreng kentang selain ketupat dan juga opor ayam. Cita rasa gurih dari ketupat dan opor ayam akan terasa lebih mantap jika ditambah cita rasa pedas dari sambal goreng kentang ini.

4. Rendang

Rendang (Resepmasakan)
Rendang (Resepmasakan)

Makanan khas Padang ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia dengan meraih posisi di peringkat pertama. Rendang pada umumnya dimasak dengan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Makanan ini bisa dianggap opsional saat Lebaran.

5. Kue kering

Kue kering (Cantikini)
Kue kering (Cantikini)

Hampir setiap umat muslim yang merayakan Hari Raya Lebaran menyediakan kue kering di rumahnya untuk menyambut para tamu yang datang. Aneka kue kering yang biasa dihidangkan misal seperti nastar dengan selai nanas, putri salju dengan gula putih di atasnya, dan berbagai hidangan kue kering lainnya. (tom/rei)