Momen Lebaran selain menjadi momen untuk bisa berkumpul bersama keluarga, juga terkadang menjadi momok, terutama bagi yang jomblo. Pasalnya, saat berkumpul dengan keluarga, tak jarang mereka sering bertanya pada yang jomblo dengan pertanyaan ‘maut’, yaitu “kapan nikah?” atau “calonnya mana?”

Buat kamu yang masih bingung dengan jawaban dari pertanyaan itu, jadiBerita bakal bantu kamu untuk bisa menjawab pertanyaan itu dengan cepat dan akurat. Berikut ini jawaban-jawabannya.

1. Calonku lagi lebaran di rumahnya

Lebaran di rumah (Mamanya)
Lebaran di rumah (Mamanya)

Biasanya yang paling ribet menanyakan mana calonmu adalah keluarga besarmu, sementara Ayah dan Ibumu sebenarnya santai saja. Kalau itu terjadi, bilang saja calonmu ada di rumahnya sendiri. Yang jelas dia lebaran juga bersama keluarganya.

2. Lagi LDR

Ilustrasi LDR (Liputan6)
Ilustrasi LDR (Liputan6)

Kamu harus tetap optimis bahwa jomblo artinya kamu sedang LDR-an dengan calonmu di masa depan nanti. Jadi jangan berkecil hati kalau ditanya calonmu mana. Yang namanya LDR pasti nanti akan ada pertemuan.

3. KUA-nya tutup

Ilustrasi KUA (Kemenag)
Ilustrasi KUA (Kemenag)

Kalau kamu ditanya kapan nikah, jawab saja KUA-nya lagi tutup karena para pegawainya juga sedang libur Lebaran.

4. Calonnya ada di dalam pikiran

Mikir (Hipwee)
Mikir (Hipwee)

Konon katanya, apapun itu yang penting adalah niatnya. Kamu bisa memakai alasan ini saat keluargamu mulai bertanya-tanya mana calonmu. Yang penting kamu sudah punya niat dan kemauan untuk membawa calonmu saat lebaran.

5. Tanya balik

Nanya balik (Malesbanget)
Nanya balik (Malesbanget)

Kalau kamu ditanya kapan nikah oleh keluarga kamu, kamu juga bisa tanya balik si penanya. Misal kalau yang tanya jomblo, kamu bisa tanya “kamu sendiri kapan nikah?”, atau jika yang tanya sudah nikah tapi belum punya anak, kamu bisa tanya “kapan punya anak?” Dengan begitu, sang penanya jadi tahu perasaan orang yang ditanya kapan nikah.

6. Calonnya lagi terjebak macet

Macet (Hipwee)
Macet (Hipwee)

Maksud yang sebenarnya adalah: calonmu sedang dalam perjalanan dikirim Tuhan. Karena macet saat lebaran memang parah, jadi sampai sekarang calonmu belum kelihatan. Semoga saja calonmu bisa segera bebas dari macet.

7. Minta doa

Doain aja (Hipwee)
Doain aja (Hipwee)

Untuk jawaban yang serius, kamu bisa menjawab “doain aja ya”. Yang namanya jodoh¬† bukan seperti lomba balap karung atau nonton DVD yang bisa dipercepat atau diperlambat. Jodoh adalah rahasia Tuhan, dan apa yang bisa kamu lakukan saat ini hanya terus berusaha mencarinya. (tom/rei)