Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang seringkali dimanfaatkan oleh pelaku pencurian untuk menguras harta benda para pemudik. Tamu tak diundang yang tak pernah diharapkan kehadirannya ini biasanya mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya untuk pulang kampung.

Agar rumah kamu aman saat ditinggal mudik, berikut jadiBerita berikan beberapa tips ampuh, seperti dilansir dari Inicarakucom.

1. Jangan tinggalkan barang berharga di rumah yang kosong

Ilustrasi perhiasan (Popeti)
Ilustrasi perhiasan (Popeti)

Ketika akan mudik, pastikan di rumah kamu sudah tidak ada lagi barang-barang berharga yang ditinggalkan di kamar atau di rumah. Kalaupun ada, pastikan barang berharga tersebut sudah dalam keadaan aman, baik aman karena disimpan di tempat tertentu atau aman karena kita titipkan kepada tetangga atau orang terdekat yang tidak mudik.

2. Kunci semua yang bisa dikunci

Mengunci pintu (Tribunnews)
Mengunci pintu (Tribunnews)

Pastikan semua jalan masuk menuju rumah terkunci rapat seperti jendela, pintu rumah, pintu pagar, dan pintu masuk lainnya. Apabila ada kunci yang rusak atau tidak berfungsi optimal, sebaiknya ganti atau diperbaiki sehingga penguncian lebih optimal.

3. Pakai CCTV jika memungkinkan

CCTV (Pojoksatu)
CCTV (Pojoksatu)

Apabila kamu punya dana yang mencukupi, sebaiknya membeli peralatan CCTV atau lensa pemantau yang disambungkan dengan alat perekam televisi. Dengan demikian, kita bisa memutar ulang rekaman suasana rumah tatkala kita tinggalkan mudik selama beberapa hari. Kalaupun tidak ada CCTV atau lensa pemantau yang berfungsi baik, kamu bisa menggunakan lensa pemantau yang harganya murah namun masih bisa berfungsi. Kalau tidak mampu, kamu bisa pakai kamera yang sudah rusak, dengan tujuan sekadar membuat ragu calon pencuri.

4. Meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu

Sandal depan rumah (Khizanatuna)
Sandal depan rumah (Khizanatuna)

Ketika rumah atau kamar kita tinggalkan mudik, bisa saja kita meletakkan sandal atau sepatu di depan kamar atau halaman rumah. Tujuannya adalah untuk mengecoh calon pencuri, seolah-olah di dalam rumah atau kamar tersebut masih ada orangnya.

5. Nyalakan lampu

Lampu nyala (Merdeka)
Lampu nyala (Merdeka)

Kita bisa menyalakan lampu dalam rumah atau kamar. Tujuannya adalah untuk membuat ragu calon pencuri karena tentu mereka akan menduga kalau di rumah atau kamar tersebut ada penghuninya. (jow)