Mir Castle di Belarus (www.glozine.com)

Semua orang pasti punya cita-cita untuk bisa berwisata ke luar negeri. Namun, salah satu faktor utama yang menghalangi adalah minimnya budget. Untuk berwisata ke luar negeri tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit karena biasanya nilai tukar mata uang rupiah sangat rendah di luar negeri. Coba saja kamu bayangkan, untuk 1 USD saja bisa mencapai 13 ribu rupiah sekarang. Semakin tinggi nilai mata uang di negara lain, semakin tinggi budget yang harus kamu keluarkan untuk berwisata ke negara tersebut. Tapi siapa sangka kalau ternyata masih ada negara-negara yang memiliki kurs rupiah yang cukup rendah sehingga kamu cukup mengeluarkan budget seadanya untuk berwisata ke negara-negara tersebut. Ingin tahu negara mana saja? Simak list di bawah ini ya JBers!

1. Vietnam

Ha Long Bay di Vietnam (touropia.com)
Ha Long Bay di Vietnam (touropia.com)

Vietnam merupakan negara yang terletak di sebelah timur Asia Tenggara ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisatanya. Kamu bisa menjadikan negara anggota ASEAN ini sebagai salah satu alternatif wisata luar negeri murah meriah dalam list kamu. Nilai tukar mata uang vietnam hanya Rp 0,6 saja per 1 Dong Vietnam (mata uang Vietnam) ditambah Vietnam sudah membebaskan visa kunjungan selama 30 hari bagi para wisatawan mancanagera. Di Vietnam ada banyak sekali spot wisata seperti  floating market Mekong Delta, Pantai Nha Trang, traditional villages di Sapa, aqua-green water Ha Long Bay, dan masih banyak lagi.

2. Laos

Vientiene di Laos (touropia.com)
Vientiene di Laos (touropia.com)

Masih di kawasan ASEAN, kamu bisa berwisata ke Laos yang terkenal akan wisata sejarah dan budayanya seperti kota penuh sejarah Luang Prabang yang sudah diakui oleh UNESCO, Vientiane, candi Wat Phu, dan masih banyak lagi. Untuk nilai tukar mata uang di Laos hanya sekitar Rp 1,64 saja per 1 Kip (mata uang Laos). Kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengurus visa kamu nih JBers karena Laos akan membebaskan visa kamu selama 30 hari jika ingin berwisata mengunjungi Laos.

3. Kamboja

Angkor di Kamboja (touropia.com)
Angkor di Kamboja (touropia.com)

Negara yang berbentuk monarki konstitusi ini di Asia Tenggara ini memiliki segudang wisata sejarah yang mampu membuat kamu tercengang. Mulai dari Angkor yang dulunya menjadi tempat kerajaan Khmer, Toul Sleng Genocide Museum, Independence Monument, hingga Royal Palace with Silver Pagoda. Selain wisata sejarah, masih ada wisata alam yang tak kalah menariknya seperti pantai Sihanoukville yang jadi favorit turis mancanegara, danau Banlung, dan mash banyak lagi. Untuk nilai tukar mata uang, kamu bisa menukarkan Rp 3,27 dengan 1 Riel Kamboja (mata uang Kamboja).

4. Kolombia

Las Lajas Sanctuary di Kolombia (momondo.ie)
Las Lajas Sanctuary di Kolombia (momondo.ie)

Tak ingin wisata ke Asia? Coba saja ke negara di Amerika Selatan yakni Kolombia yang punya nilai tukar mata uang 1 Peso Kolombia (mata uang Kolombia) hanya Rp 4,47 saja. Sangat murah bukan? Biaya wisata kamu tentunya jadi sangat terjangkau di negara ini. Ada berbagai macam spot wisata eksotis yang bisa kamu kunjungi di Kolombia seperti Bogota, Cartagena, San Gil, San Asgustin, Las Lajas Sanctuary, hingga hutan Amazon yang sangat terkenal itu.

5. Belarus

Mir Castle di Belarus (www.glozine.com)
Mir Castle di Belarus (www.glozine.com)

Cita-cita liburan ke benua Eropa bukan lagi mimpi karena kamu bisa berwisata ke Belarus yang ada di kawasan Eropa Timur dengan budget yang sangat terjangkau. Tak percaya?  Nilai tukar mata uang 1 Rubel Belarus (mata uang Belarus) hanya Rp 0,68 saja loh. Negara yang berbatasan langsung dengan Rusia ini memiliki arsitektur unik nan cantik yang mampu membuat kamu terpukau. Saat berwisata ke Belarus, kamu bisa mengunjungi Mir Castle, Victory Square, Island of Tears, serta beberapa museum yang sangat terkenal seperti, Brest Railway Museum dan Dudutki Museum Complex.

Murah-murah bukan JBers wisata luar negeri di atas, jadi impian berwisata ke luar negeri kamu sekarang bisa segera kamu wujudkan. Selamat berwisata JBers! (jow)