Jokowi (mirajnews.com)

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo sempat menghebohkan netizen atas kasus antara Cina dan Indonesia di Pulau Natuna. Bersama sejumlah menteri, Jokowi menggelar rapat terbatas di KRI Imam Bonjol-383. Rapat tersebut dinilai sinyal keras untuk China agar tak main-main dengan Indonesia.

Seperti diketahui Beijing mengklaim Kepulauan Natuna masuk dalam kawasan sembilan garis putus mereka. Tentu saja ini memancing kontra bangsa Indonesia yang tidak terima wilayahnya diklaim bangsa asing.

Aksi turun langsung Presiden ini, mendapat sanjungan, tidak hanya di mata lokal namun juga internasional. Beberapa media asing memuji tindakan berani Jokowi ini, lho. Apalagi ini bukan kali pertama sang presiden ke-7 Indonesia yang mendapat apresiasi publik dunia. Sosok Jokowi dinilai sebagai seorang yang mumpuni sebagai kepala negara, merakyat, dan tegas.

Penasaran seperti apa sanjungan media internasional terhadap Jokowi? Berikut 5 media internasional yang puji Jokowi, salut!

1. The Malay Mail: Malaysia butuh Jokowi

Warga Malaysia mengaku jika kondisi perpolitikan di negerinya yang semakin memburuk. Terlebih ketika itu menuju pemilihan umum. Melihat tindakan para politisi dan pemerintahnya, mereka kala itu mengaku menginginkan sosok seperti Joko Widodo.

Tulisan ini ditulis oleh seorang kolomis Malaysia Syed Nadzri Syed Harun yang kemudian dilansir oleh koran The Malay Mail. Dia mengatakan, Jokowi yang kala itu baru menjabat Gubernur Jakarta, lebih menekankan kerja nyata ketimbang sibuk dengan urusan politik.

2. TIME: Jokowi Harapan Baru

Oktober 2014 lalu, Presiden terpilih Joko Widodo menghebohkan Indonesia. Saat itu ia terlihat di cover majalah TIME, majalah populer asal Amerika Serikat. Dalam Headline “A NEW HOPE, TIME menuliskan Jokowi sebagai harapan baru masyarakat Indonesia dan dunia.

Mereka menggambarkan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar dengan ratusan etnis dan budaya telah memilih Jokowi sebagai presiden dalam Pemilu 2014. Selain itu, TIME memaparkan kisah Jokowi dalam sebuah penerbangan dalam kabin kelas ekonomi pesawat Garuda Indonesia Jakarta-Solo.

3. The Altlantic: Jokowi responsif terhadap aksi teror

Aksi teror bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta, menarik perhatian dunia dan disebut-sebut hampir sama dengan Paris Attack 13 November 2015. Tingkah Jokowi pun tak luput dari perhatian dunia. Media asing, The Atlantic pada menulis Presiden Jokowi dinilai sangat cepat tanggap terhadap insiden terorisme.

Bukan memberi komando akan perang terhadap ajaran radikal agama tertentu, tetapi lebih kepada perintah untuk jajarannya agar segera meringkus pelaku teror hingga ke akar dan mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak boleh panik akan situasi yang terjadi, yang mana menjadi tujuan utama pelaku teror.

4. Straits Times Singapore: Menteri Malaysia sebut Jokowi adalah inspirasi

Sebuah artikel yang dimuat di Straits Times menyebut jika seorang Jokowi adalah inspirasi. Artikelnya berjudul Jokowi is work ethic is an inspiration. Sosok yang menulis artikel ini Datuk Seri Mustapa, seorang politisi asal Malaysia.Datuk mengaku pernah berdiskusi dengan Jokowi di rumahnya di Kuala Lumpur. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai wali kota Solo. Ia mengaku banyak bertukar pendapat tentang pengalaman berpolitik dan birokrasi dengan Jokowi. Kehebatan Jokowi, menurut dia adalah mengaplikasikan pengalaman sebagai enterpreneur di bisnis mebel ke dalam perilaku saat menjabat sebagai wali kota Solo.

5. the Manila Times: kartun Jokowi galak pada China

Koran the Manila TimesĀ  beberapa waktu lalu memuat gambar karikatur Presiden Jokowi yang ditampilkan sedang melawan Naga (Cina). Di kartun itu Jokowi digambarkan memakai baju besi membawa pedang dan tameng seperti prajurit zaman dahulu.

Jokowi yang bermuka galak terlihat sedang melompat sambil bersiap mengayunkan pedang ke arah seekor naga besar yang samakan dengan China. Sementara Presiden Filipina Rodrigo Duterte terlihat berada di belakang Jokowi dengan wajah sendu sambil membawa bendera putih tanda menyerah pada Cina.