Bagi perantau di Jakarta, libur Lebaran selalu identik dengan kegiatan pulang kampung alias mudik. Lalu bagaimana dengan warga asli ibu kota yang tak punya kewajiban untuk mudik? Bagi kamu yang masih belum punya rencana untuk menghabiskan liburan nanti, simak 5 hal seru untuk memanfaatkan libur Lebaran 2016, seperti dilansir dari Sindonewscom, Kamis (30/6/2016), berikut ini.

1. Belanja sepuasnya

Belanja (Batampos)
Belanja (Batampos)

Karena tidak ada kewajiban mudik, kamu bisa memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor untuk kepentingan lainnya. Salah satu cara memanfaatkan duit THR adalah dengan berbelanja produk unggulan dengan harga terjangkau. Apalagi di tiap periode tengah tahun, Jakarta ramai pesta diskon untuk memperingati hari jadinya, seperti festival Jakarta Great Sale yang tiap tahun ditunggu warga ibu kota.

2. Keliling Jakarta

Jakarta sepi (Flickr)
Jakarta sepi (Flickr)

Kapan lagi bisa jalan-jalan di Jakarta tanpa kena macet? Menurut data Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, lebih dari 6 juta pemudik meninggalkan kota ini pada Lebaran 2015. Diprediksi, tahun ini pun jumlahnya tak jauh berbeda. Di saat seperti ini, kamu bisa berkeliling kota dengan bersepeda atau naik bus Transjakarta untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat kamu sambangi. Cara paling mudah berjalan-jalan mengelilingi Jakarta adalah dengan menaiki bus wisata gratis yang melayani beragam rute sesuai jenis wisata yang diminati.

3. Datangi kafe atau restoran

Kafe (Kristofskafe)
Kafe (Kristofskafe)

Jakarta memang pusat segalanya, termasuk tempat makan berkonsep unik yang tak henti bertambah. Sayangnya, mungkin selama ini kamu tak bisa mencoba tempat baru satu per satu karena keterbatasan waktu dan macetnya jalanan. Libur Lebaran 2016 ini jadi momen yang tepat untuk mencoba beragam tempat nongkrong seru di Jakarta. Kawasan Kemang, Senopati, atau Pantai Indah Kapuk bisa menjadi pilihan karena banyaknya kafe dan restoran unik di tiap area tersebut.

4. Menginap di hotel

Acacia Hotel, Jakarta (Tripadvisor)
Acacia Hotel, Jakarta (Tripadvisor)

Waktu liburan, waktunya menjadi turis di kota sendiri. Boyong keluarga ke hotel dan nikmati liburan singkat ala pelancong. Di hotel, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, juga pijat, dan spa. Menginap di hotel juga bisa menjadi solusi saat kamu ditinggal pembantu mudik, agar bebas sejenak dari tugas memasak dan kegiatan bersih-bersih rumah.

5. Terbang ke luar negeri

Ke luar negeri (Kebumenmuda)
Ke luar negeri (Kebumenmuda)

Bosan di Jakarta? Solusinya adalah kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri. Kamu punya waktu libur seminggu yang cukup untuk dipakai melancong ke negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand, misalnya. Lagipula, berlibur ke luar negeri zaman sekarang tak selalu makan banyak biaya. (tom)