Konsep video klip yang saat ini sepertinya sedang tren adalah menggunakan kamera 360 derajat. Artinya, kamu bisa melihat sekeliling video klip itu dengan bebas sesuai keinginan kamu. Tentunya, gadget kamu harus mendukung fitur tersebut agar bisa melihat video 360 derajat. Tak cuma musisi luar negeri saja, rupanya musisi Indonesia juga ada yang merilis video 360 derajat. Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. D’Cinnamons – Sweet Memories

Band dengan aliran unplugged acoustic asal Bandung ini baru saja merilis video klip single terbaru mereka yang berjudul “Sweet Memories” dengan format 360 derajat pada 3 Juli 2015 lalu. Dalam video tersebut terlihat Dâ??Cinnamons sedang tampil di sebuah kafe. Dilengkapi dengan suasanya yang mendukung seperti para pengunjung yang sedang menikmati suasana cafe dan juga para pegawai kafe yang berlalu lalang.

2. Melisa Putri – Only You

Musisi pendatang baru Melisa Putri patut berbangga hati. Pasalnya video klip single perdana bertajuk “Only You” ditasbihkan sebagai klip pertama di dunia yang memadukan teknologi video 360 sekaligus 3D.

3. JKT48 – Hanya Lihat ke Depan

Ramainya penggunaan headset virtual reality, termasuk Google Cardboard, membuat sejumlah musisi tertarik menggarap video klip berformat 360. Tak ketinggalan idol grup JKT48. Video klip yang menggunakan video 360 derajat ini adalah “Hanya Lihat ke Depan”. Dalam video ini, para member hanya ditempatkan di dalam ruangan berbalut warna putih dengan properti seadanya.

4. L’Alphalpha – Tarian

Grup indie rock Lâ??Alphalpha menyuguhkan sebuah video klip baru untuk lagu â??Tarianâ?. Lagu ini diambil dari album kedua yang bertajuk “Von Stufe Zu Stufe” (2013). Untuk pembuatan video, Lâ??Alphalpha berkolaborasi bersama FestivoGo, yang telah mendokumentasikan konser-konser musik dalam format 360 derajat. Selain itu juga turut diajak Ali Al-Imran Karim, seorang penari kontemporer yang sudah mengikuti pentas tari sampai taraf internasional.

5. Kelompok Penerbang Roket – Cekipe

â??Cekipeâ? tercatat sebagai lagu pertama yang dibuat Kelompok Penerbang Roket, bahkan sebelum band tersebut menamai grupnya sebagai Kelompok Penerbang Roket dan menentukan siapa vokalis utamanya. Sampai akhirnya, terciptalah sebuah aransemen yang rencananya akan dinyanyikan oleh sang vokalis yang tak kunjung hadir. (tom)