Momen lebaran paling ditunggu oleh umat Islam. Bukan hanya sebatas merayakan selesainya puasa selama 30 hari penuh di bulan Ramadan, lebaran menjadi momen berkumpulnya bersama keluarga, terlebih buat kamu si anak rantau.

Namun, tahukah kamu beberapa profesi ini dituntut untuk tetap menjalani aktivitas kala lebaran tiba? Jangankan bisa berkumpul bersama keluarga, merasakan nikmatnya opor ayam pun bukan hal yang mudah.

Berikut ini 5 profesi tersebut. Bersyukur ya kamu bisa mudik, walau harus macet-macetan, dari pada mereka, sama sekali tidak merasakan kebahagiaan berkumpul bersama keluarga.

1. Tenaga Medis

liputan6.com

Rumah sakit akan selalu dihuni oleh para pasien yang menjalani rawat inap atau rawat jalan selama 24 jam tanpa henti. Maka tenaga medis atau pegawai rumah sakit sangat diperlukan perannya di sini.

2. Jasa Transportasi

kereta-api.co.id

Transportasi umum sangat berperan penting mengantarkan para pemudik untuk tiba di kampung halaman. Banyak juga pemudik yang baru berangkat atau kembali pulang saat lebaran, maka peran pegawai transportasi sangat dibutuhkan di sini. Maka, mereka yang bekerja di sektor jasa transportasi harus rela tidak bisa menghabiskan waktu karena lonjakan penumpang.

3. Polisi

merdeka.com

Polisi salah satu profesi yang tidak libur saat lebaran. Mengingat keamanan selalu dibutuhkan kapan saja, termasuk momen Lebaran. Apalagi Polisi Lalu Lintas (Polantas). Arus mudik dan balik sangat membutuhkan adanya Polantas untuk mengatur arus lalu lintas. Mereka tanpa lelah mengatur lalu lintas yang macet dan menjaga tempat-tempat yang ramai.

5. Petugas SPBU

borneonews.co.id

Momen berkumpul bersama keluaga, tak bisa dinikmati pula oleh petugas SPBU. Sebab, banyak kendaraan yang membutuhkan jasanya untuk mengisi bensin. Terlebih buat petugas yang ditugaskan di jalan tol. Tentunya, petugas BBM juga harus bekerja untuk memberikan pelayanan BBM kepada para pelanggan.

5. Wartawan

Antaranews

Informasi pun selalu dibutuhkan kapan pun, apalagi saat momen lebaran. Semua acara televisi, berita di internet, maupun surat kabar, serentak mengabarkan tentang situasi terkini saat lebaran. Wartawan memang tidak mengenal libur meskipun sedang Lebaran berita akan terus berjalan, ditambah lagi ketika arus mudik, malam takbiran, dan shalat Id yang ramai disoroti.

Gimana JBers? Masih mengeluh karena terjebak macet saat mudik?