Ilustrasi

Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia, mempunyai sebuah tradisi unik. Pada momen ini, masyarakat yang merayakan hari raya, secara serentak pulang ke daerahnya masing-masing atau biasa dikenal dengan istilah mudik.

Perjalanan pulang kampung sekarang ini tentunya sudah jauh berubah ketimbang beberapa tahun belakangan. Selain pemerintah sudah membuat beberapa jalur baru, kemajuan teknologi telah membuat mudik semakin nyaman.

Kemajuan teknologi ini pula yang membuat tidak ada lagi alasan untuk kamu bosan di jalan saat terjebak macet. Sebab, ada beragam aplikasi yang akan menghilangkan penatmu di jalan. Apa saja? Berikut ini 5 aplikasinya.

1. NTMC TV by iBolz

googleusercontent.com

Bete dengan perjalananmu yang menguras tenaga? Lebih baik install NTMC TV. Aplikasi resmi dari National Traffic Management Center (NTMC) Polri ini dapat digunakan untuk memantau langsung kondisi lalu lintas melalui CCTV. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melihat secara langsung atau real time lokasi yang diinginkan.

Wilayah yang ter-cover oleh aplikasi ini adalah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Sumatera Selatan, dan Entikong. Sementara itu, aplikasi ini juga menampilkan secara khusus situasi wilayah di jalur mudik, seperti jalur mudik pantura, jalur mudik tengah, dan jalur mudik selatan.

Menariknya, selain informasi mengenai lalu lintas, pihak pengembang memasukkan berbagai konten hiburan, seperti film dan trailer film. Aplikasi ini bisa diunduh di platform Android dan iOS. Dijamin rasa bosanmu hilang seketika.

2. JOOX

liputan6.com

Musik adalah salah satu sarana yang bisa menemani jenuhmu. Nah, salah satu aplikasi yang dapat menemanimu kala mudik adalah JOOX. JOOX adalah aplikasi streaming musik yang menyediakan koleksi musik terbaru dan terlengkap. JOOX pun memiliki fitur Radio, Lyric, dan Timer, yang bisa diatur untuk mematikan lagu secara otomatis apabila kamu tertidur.

Terkadang di jalan tol atau di wilayah tertentu tidak ada sinyal, kan? Tenang, salah satu fitur di JOOX namanya Recently Played, fitur tanpa streaming, di mana 25 lagu yang terakhir kamu dengarkan, bebas kamu dengarkan lagi tanpa mengurangi kuota. Lumayan, kan buat nina-boboin kamu.

3. 9Gag

9gag.com

Humor sangat dibutuhkan kala bosan melanda. Nah, aplikasi yang cocok untukmu adalah 9Gag. 9GAG merupakan situs hiburan yang diciptakan oleh Ray Chan, Chris Chan, Brian Yu, dan Derek Chan pada tahun 2008 di Hong Kong.

9GAG diciptakan untuk menghibur para pembacanya melalui meme kocak, .gif lucu, serta video yang bakal bikin mudikmu lebih menyenangkan.

4. Webtoon

techinsider.io

Nah, buat yang doyan baca komik, aplikasi komik ini bisa dibaca kapan pun di mana pun bareng smartphone kamu. Yup, Webtoon, aplikasi keluaran platform mobile dan aplikasi pesan LINE. Webtoon menampung banyak komik lokal dan mancanegara yang keren dengan berbagai genre. Gausah khawatir banyak komik yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan gratis tentunya!

5. MSQRD

vox-cdn.com

Jika bosanmu sudah sampai tahap akut, lebih baik mulai mengeksplorasikan wajahmu dengan berbagai gaya. Nah, buat sebatas lucu-lucuan, wajib banget install aplikasi MSQRD. MSQRD atau yang biasa disebut dengan Masquerade ini berarti menyamar. Format MSQRD adalah video pendek.

Dengan menggunakan aplikasi MSQRD, kamu dapat memfilter wajah dengan filter-filter yang terdapat di aplikasi ini dan tentunya pas dengan ukuran wajahmu. Uniknya, kamu aakan merasakan sensasi yang lebih seru jika memposting video pendek tersebut di Instagram. Yuk, coba!