Saat Ramadan berakhir, rasanya berat meninggalkan bulan suci yang penuh ampunan ini. Banyak orang yang terharu meninggalkan bulan Ramadan karena bulan ini begitu berbeda dengan biasanya.

Bulan Ramadan memang senantiasa dirindukan, karena setiap orang memiliki kesan tersendiri dengan bulan penuh rahmat ini. Mau tahu kenapa umat Islam begitu merindukan bulan Ramadan? Berikut ini 5 alasannya.

1. Sahur

hipwee.com

Bangun serentak dini hari, tentu menjadi kebiasaan yang hanya terjadi di bulan Ramadan. Meski terasa menyebalkan karena harus bangun di jam 3 pagi, tapi justru sahur menjadi alasan mengapa Ramadan dirindukan. Perjuangan untuk bangun pagi, mencari menu sahur dan mengejar imsak adalah sensasi spiritual tersendiri yang tak akan ditemukan di bulan lainnya. Apalagi ditambah kemeriahan dibangunkan sahur, semakin berat meninggalkan Ramadan.

2. Tayangan yang Penuh Inspirasi

kaskus.id

Memasuki bulan Ramadan, seluruh produk berlomba-lomba membuat iklan yang penuh inspirasi di tayangan televisi. Meski hanya iklan, namun penuh dengan makna yang mendalam. Iklan-iklan seperti ini biasanya memecah kesombongan kita dan mengajak untuk merenung dengan lebih baik selama bulan puasa. Selain itu, selama satu bulan ini, tayangan di media berubah menjadi tayangan-tayangan bermutu yang mendidik dan memberikan banyak inspirasi.

3. Takjil

sindonews

Puasa tak lengkap rasanya tanpa takjil. Aneka jenis es buah, kue basah, kreasi minuman dan makanan siap kita santap menjelang berbuka. Belum lagi munculnya makanan-makanan langka yang hanya muncul saat Ramadan. Hal ini seringkali membuat kita rindu, apalagi bila kita turut serta menjajakannya maupun membagikan untuk mereka yang membutuhkan.

4. Ngabuburit

unisifm.com

Salah satu tradisi yang menyenangkan saat puasa tiba adalah menunggu waktu berbuka dengan ngabuburit. Banyak hal yang bisa orang-orang lakukan sebelum magrib tiba. Setiap orang punya caranya sendiri untuk menikmati ngabuburit. Misalnya, bisa berkumpul bersama teman, mendengarkan tausyiah, ke masjid, mengumpulkan takjil untuk beramal, hingga membeli camilan dan beburu takjil untuk berbuka.

5. Buka Bersama Sekaligus Reunian

brayshawpottery.com

Ini dia hal yang paling ditunggu-tunggu dan harus dilakukan saat Ramadan tiba. Ya, bukber alias buka bersama. Setiap tahun, tradisi ini selalu menjadi agenda rutin bareng teman SD, SMP, SMA, Kuliah atau teman sepermainan. Momen Ramadan memang jadi ajang reuni sekaligus bersilaturahmi yang sangat jarang terjadi di bulan lainnya. (rei)