Selama ini, umumnya kemeja cewek selalu memiliki kancing di bagian kiri, sedangkan letak kancing pada kemeja cowok selalu berada di bagian kanan. Sejak dulu banyak orang dibuat bingung mengapa kancing baju cowok dan cewek diciptakan berbeda. Tapi banyak juga yang menjadikan ciri ini sebagai penanda untuk seseorang menentukan apakah kemeja ini milik cowok atau cewek, selain dilihat dari jahitan pada bagian belakang punggung untuk memberikan kesan langsing pada kemeja cewek.

Kemeja cowok dan cewek (Liputan6)
Kemeja cowok dan cewek (Liputan6)

Lalu, apa alasan sebenarnya kancing baju pada kemeja ini dibuat berbeda? Dilansir dari Mental Floss, Senin (11/7/2016), terdapat beberapa teori yang menjelaskan mengapa terjadi perbedaan ini.

Teori yang pertama menyebutkan bahwa perbedaan ini terjadi pada masa Renaissance dan Victorian di Eropa. Pada masa itu, para wanita bangsawan cenderung untuk dibantu memakai baju oleh pembantunya. Penempatan posisi ini bertujuan agar mereka dapat lebih mudah membantu majikan mereka untuk mengancingkan bajunya. Sedangkan pria cenderung memakai baju sendiri sehingga posisi kancing mereka berada di posisi sebaliknya.

Teori kedua yang muncul adalah teori yang berasal ketika zaman pria membawa senjata. Semua ini tentu saja dengan asumsi bahwa pria menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata. Posisi kancing pria yang berada di sebelah kanan akan memudahkan tangan kanan ketika hendak mengambil senjata yang berada di dalam baju.

Kancing kemeja (Kompas)
Kancing kemeja (Kompas)

Teori ketiga menyebutkan bahwa menyusui bayi adalah alasannya. Wanita cenderung untuk menggendong bayi di sebelah kiri. Dengan posisi kancing seperti yang digunakan wanita, maka akan memudahkan mereka untuk menyusui dan tetap dapat membuat tangan mereka aktif bergerak.

Masih banyak lagi teori lainnya yang berkembang mengenai perbedaan ini, hanya saja tiga teori inilah yang paling masuk akal untuk dipercayai. (tom)