Bermain “Pokemon Go” memang seru. Namun, jangan sampai kamu dibuat kecanduan dengan game untuk smartphone Android dan iOS tersebut. Pasalnya, sudah banyak insiden-insiden yang terjadi akibat kecanduan bermain “Pokemon Go”. Berikut adalah 5 kisah nyata insiden-insiden akibat kecanduan “Pokemon Go”, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Diputusin pacar

Pokemon Go (Detik)
Pokemon Go (Detik)

Seorang pria mengaku jika “Pokemon Go” menghancurkan kisah cintanya. Bukan karena terlalu sibuk menangkap monster, tapi setelah pacarnya menyadari jika si pria menangkap Pokemon di rumah mantannya. Evan Scribner adalah nama pria itu. Kepada New York Post, ia mengaku hubungan dengan kekasihnya jadi putus setelah melihat history menangkap Pokemon di ponsel miliknya.

2. Menemukan mayat

Pokemon Go (YouTube)
Pokemon Go (YouTube)

Siapa sangka, akibat permainan ini, Shayla Wiggins (19) menemukan mayat di tempat Pokemon itu muncul. Dikutip dari BBC, gadis asal Wyoming, Amerika Serikat ini menyebutkan, dirinya menemukan Pokemon di sumber mata air, namun ternyata dirinya malah menemukan mayat di sana. “Saya sedang berjalan di sepanjang jembatan ketika saya melihat sesuatu di air,” ucapnya. “Saya perjelas lagi, ternyata itu adalah tubuh seseorang,” lanjut Shayla.

3. Tentara AS main Pokemon Go saat sedang perang lawan ISIS

Tentara AS main Pokemon Go (Inilah)
Tentara AS main Pokemon Go (Inilah)

Permainan “Pokemon Go” merambah hingga ke daerah pertempuran militer di Irak.┬áSeorang tentara asal Amerika yang secara sukarela bergabung dengan tentara Kurdi Peshmerga, Louis Park (26) mengaku melihat pokemon Squirtle di antara senapan mesin yang ada di wilayah padang pasir. “Baru saja mendapat pokemon pertama saya di garis terdepan Mosul di wilayah kekuasaan Daesh (ISIS), Teleskuf. Ayo tantang saya untuk melakukan pertarungan pokemon para mortir pengecut,” kata Park yang unggahannya di dunia maya yang menjadi viral. Dilansir dari Daily Mail, dia kala itu sedang bersiaga akan gempuran militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), tepatnya di kota Dohuk.

4. Perampok jebak pemain Pokemon Go

Tersangka perampokan pakai Pokemon Go (Jalantikus)
Tersangka perampokan pakai Pokemon Go (Jalantikus)

Polisi Missouri, Amerika Serikat, menerima laporan insiden perampokan yang dilakukan menggunakan aplikasi “Pokemon Go”. Para perampok memanfaatkan game buatan Nintendo itu untuk menjebak korbannya di tempat sepi. Menurut CNN, polisi sudah menangkap empat tersangka perampok setelah menerima laporan sekitar jam 2 dini hari, tiga hari lalu. Polisi kemudian menemukan senjata di lokasi kejadian. Diketahui bahwa para perampok bersenjata tersebut mengincar para pemain “Pokemon Go” yang tengah asyik nongkrong di depan Minimarket Circle-K pada waktu tersebut.

5. Kecelakaan gara-gara Pokemon Go

Kecelakaan gara-gara Pokemon Go (Smeaker)
Kecelakaan gara-gara Pokemon Go (Smeaker)

Seminggu setelah “Pokemon Go” diluncurkan, banyak berita negatif tentang permainan ini. Disebutkan ada kecelakaan cukup besar terjadi di Amerika Serikat akibat permainan tersebut. Penyebabnya disebutkan ada pengguna tol yang berhenti di tengah jalan bebas hambatan, karena ingin menangkap makhluk incaran dalam aplikasi “Pokemon Go”. Namun ternyata, berita tersebut tidak benar. Dilansir dari Jalopnik, berita kecelakaan itu dibuat oleh salah satu situs berita yang banyak menyebarkan berita hoax, Cartelpress.

Dilihat dari kisah-kisah ini (terlepas dari satu kabar hoax), ada baiknya kita selalu berhati-hati saat memainkan “Pokemon Go”, agar kita selalu selamat dalam berbagai situasi. Jangan juga bermain game ini secara berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan bukanlah sesuatu yang baik. (tom)