Sepatu Nike menjadi salah satu merk sepatu olahraga yang ternama di dunia. Sepatu ini menajdi pilihan kebanyakan orang yang gemar berolahraga karena design sepatu dari merk ini memiliki tampilan yang unik serta mengutamakan kenyamanan dan kualitas dari produk sepatunya. Seiring semakin besar minat pasar terhadap seatu berkualitas internasional tersebut, tidak mengherankan ketika ada sejumlah pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dari kebesaran nama merk tersebut. Mereka memproduksi sepatu palsu yang dari aspek bentuk ataupun design yang sangat mirip dengan sepatu aslinya. Tingkat kemiripan dan harga yang ditawarkan untuk sepatu palsu ini pun sangat bervariasi tergantung pada level kelas tiruannya. Dengan hal ini, bila Anda juga berencana untuk membeli sepatu yang asli, Anda sebaiknya mengetahui cara membedakan sepatu yang asli dan palsu dengan tepat.

1. Toko terpercaya

Salah satu cara untuk mendapatkan produk sepatu Nike yang asli adalah dengan membelinya di toko ataupun agen resmi dari sepatu tersebut. Anda mungkin bisa saja menemukan sejumlah toko sepatu yang menyediakan sepatu asli dari merk tersebut meskipun mereka bukan agen ataupun distributor resmi dari merk tersebut. Namun, membeli sepatu merk di toko yang demikian pastinya akan lebih beresiko. Bahkan, tak sedikit toko online profesional yang juga menyediakan sepatu palsu. Dengan kondisi yang demikian, sebagai konsumen, Anda sebaiknya bisa lebih cermat dalam membedakan sepatu yang ditawarkan apakah asli ataupun palsu. Anda bisa membaca review dari toko yang menyediakan sepatu tersebut serta beberapa testimoni ataupun timbal balik yang ditulis oleh konsumen mereka sebelumnya. Ini akan sangat membantu Anda untuk memastikan bagaimana kualitas sepatu Nike yang tersedia di toko tersebut.

2. Cek SKU

Ketika Anda menemukan suatu promo dan penawaran harga sepatu Nike yang cukup terjangkau di suatu toko sepatu online ataupun offline, Anda sebaiknya memeriksa terlebih dahulu bagaimana kualitas dari sepatu tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mengecek SKU ataupun kode produk sepatu dari sepatu tersebut. SKU dari sepatu Nike yang original terdiri dari 9 digit angka dengan format 6 angka di bagian depan sebagai kode model sepatu dan tiga angka yang dibagian belakang menunjukkan kode warna sepatu. SKU pada septu tersebut ada di bagian kana dan kiri sepatu serta pada bagian kardus sepatunya. Ketikda Anda tidak menjumpai adanya SKU tersebut, Anda bisa memastikan bahwa sepatu tersebut merupakan sepatu tiruan. Namun demikian, ketika Anda menjumpai kode SKU, Anda sebaiknya mengecek kode tersebut terlebih dahulu melalui situs ataupun toko resmi dari sepatu bermerk tersebut untuk memastikan keasliannya.

3. Perhatikan Box

Anda sebaiknya juga memeriksa bagaimana kardus atau box dari sepatu yang ditawarkan terutama ketika Anda membeli sepatu baru dan bukan bekas. Sepatu yang asli selalu tersedia dengan box yang mana dalam box tersebut tercantuk tentang nama dan model sepatu, ukuran, SKU, serta produksi di mana yang mana pada sepatu asli yang diproduksi di Indonesia juga mencantumkan nama dan lokasi pabrik yang memproduksinya. Dengan lebih cermat memperhatikan beberapa unsur dan bagian dari sepatu tersebut, Anda akan lebih nyaman untuk membeli sepatu Nike yang asli. (jow)