Cara Cerdas Menghemat Listrik Mesin Cuci


Menggunakan mesin cuci Sharp untuk kebutuhan sehari-hari pastinya akan sangat membantu dan menyenangkan. Mesin ini bisa menjadi asisten kita untuk mencuci baju-baju kita sehingga kita bisa melakukan aktifitas lainnya selama menunggu cucian selesai. Namun, sebagai ibu rumah tangga, Anda mungkin merasa khawatir bila penggunaan mesin cuci tersebut akan membuat Anda mendapatkan tagihan listrik yang membengkak padahal kebutuhan saat ini sudah sangat tinggi sehingga cermat dan cerdas untuk mengehmat listrik akan sangat penting untuk dilakukan. Sebenarnya, ketika Anda bisa cermat dan jeli dalam menghemat energi listrik saat memakai mesin cuci, hal ini pastinya tidak akan membuat tagihan listrik Anda menjadi bengkak.

Ketika Anda mengunjungi toko elektronik, Anda mungkin kurang mempertimbangkan tentang biaya tagihan listrik yang mungkin dibebankan kepada Anda nantinya. Anda sebaiknya memahami bahwa setiap mesin cuci yang ada di pasaran tersebut memiliki tingkat kapasitas yang berbeda yang mana kapasitas mesin cuci juga akan berpengaruh terhadap konsumsi daya listrik di rumah Anda. Dengan semakin besar kapasitas mesin cuci, hal ini bisa membuat kebutuhan daya listrik juga semakin besar. Jadi, untuk lebih menghemat daya listrik untuk kebutuhan rumahan, Anda sebaiknya memilih mesin cuci yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak perlu berlebihan.

Anda sebaiknya juga memahami bahwa model mesin cuci yang bukaan atas ataupun depan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing termasuk dalam menghemat daya listrik. Mesin cuci dengan bukaan atas memerlukan lebih banyak air dalam proses perendaman baju. Banyaknya kebutuhan air ini akan berpengaruh terhadap besarnya daya listrik yang dibutuhkan untuk mencuci baju karena 90% konsumsi listrik pada mesin cuci digunakan untuk pemanasan air dalam proses pencucian. Di sisi lain, proses pengeringan pada mesin cuci bukaan depan membutuhkan putaran dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan mesin cuci dengan bukaan atas. Tingkat putaran tersebut juga berpengaruh terhadap konsumsi listrik yang memutar perangkat putar pada mesin cuci tersebut. Untuk menghemat listrik pada mesin cuci yang Anda miliki, Anda bisa melakukan pengeringan alami terutama ketika cuaca sedang cerah di mana matahari bisa bersinar maksimal.

Mempertimbangkan membeli mesin cuci memang sangat penting karena hal ini berpengaruh pada dana yang Anda sediakan untuk membeli mesin cuci. Namun, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan tentang kebutuhan konsumsi listrik untuk penggunaan mesin cuci tersebut. Membeli mesin cuci hemat energi bisa menjadi salah satu solusi untuk bisa lebih berhemat selain melakukan beberapa tips yang disebutkan di atas. Dengan memiliki lebih banyak pertimbangan dan cara-cara yang tepat, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci dengan lebih optimal tanpa terlalu khawatir tentang tagihan listrik Anda. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak