Mengenal Herodotus, Sang Bapak Sejarah Dunia

Selama kita sekolah, kita selalu belajar yang namanya pelajaran sejarah. Tapi tahukah kamu siapa yang pertama kali mencatat sejarah?

Ternyata, orang yang pertama kali mencatat sejarah atau kejadian-kejadian pada masa lalu adalah Herodotus. Herodotus, penulis pertama yang mendokumentasikan sejarah Eropa, dianggap sebagai â??bapak sejarahâ??.

Herodotus (Amazine)
Herodotus (Amazine)

Meskipun dianggap sebagai â??bapak sejarahâ??, tulisan Herodotus berisi lebih sebagai deskripsi tentang peristiwa baik yang dilihatnya sendiri atau mengumpulkan dari sumber yang dia anggap terpercaya. Herodotus bepergian ke berbagai tempat untuk mengumpulkan informasi tangan pertama tentang berbagai peristiwa. Berikut adalah kisah hidupnya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Herodotus lahir sekitar tahun 484 SM di Halicarnassus. Sebagai sebuah kota utama yang terletak dekat Asia Kecil, Halicarnassus kemudian diperintah oleh Ratu Artemisia. Ratu Artemisia merupakan pengikut Raja Persia Xerxes dan telah berperang bersama dalam pertempuran laut Salemis.

Ilustrasi Halicarnassus (Civilization Wikia)
Ilustrasi Halicarnassus (Civilization Wikia)

Tidak banyak yang diketahui tentang masa kecilnya. Riwayat tentang Herodotus baru diketahui saat dia mulai beranjak dewasa.

Sepeninggal Ratu Artemisia, cucunya yang bernama Lygdamis ganti memerintah. Dia merupakan seorang tiran sehingga tidak disukai oleh rakyatnya. Herodotus muda dan pamannya Panyasis, yang adalah seorang penyair, terlibat dalam plot gagal untuk menggulingkan Lygdamis.

Ilustrasi Ratu Artemisia (Dgscrosscountrychronicles)
Ilustrasi Ratu Artemisia (Dgscrosscountrychronicles)

Kegagalan ini berujung pada penangkapan dan eksekusi Panyasis. Herodotus berhasil melarikan diri dan mencari perlindungan di kota tetangga Samos. Di Samos, Herodotus tinggal selama 8 tahun sambil mempelajari dialek Ionic yang digunakannya saat menulis karya-karyanya di masa depan.

Setelah Lygdamis digulingkan, Herodotus kembali ke Halicarnassus namun ternyata tetap tidak diinginkan oleh penguasa baru sehingga memaksanya sekali lagi meninggalkan kota kelahirannya tersebut. Akhirnya, dia memilih untuk pergi ke Athena, kota yang sedang mencapai puncak budaya, dan dengan cepat segera merasa nyaman.

Di Athena, Herodotus bercerita tentang pengalamannya dengan Lygdamis di Halicarnassus kepada sejawat cendekiawan dan akhirnya diberikan tunjangan untuk menopang hidup sehari-hari.

Kota Athena (Wikipedia)
Kota Athena (Wikipedia)

Mungkin karena permintaan populer untuk menceritakan kembali peristiwa dunia atau memang karena dorongan Herodotus sendiri, maka dia mulai melakukan berbagai perjalanan untuk merekam kehidupan di tempat-tempat yang jauh.

Tempat-tempat yang pernah dikunjungi Herodotus diantaranya adalah Mesir, Babilonia, Susa, Ecbatana, Krimea, Georgia, Tirus, Suriah, Thrace, Kirene, Libya, dan seluruh Yunani.

Buku yang ditulis Herodotus berisi tentang kekhasan geografis tempat yang dikunjunginya, hewan dan tumbuhan dari daerah tersebut, karakteristik khusus dari orang-orang yang tinggal di dalamnya, politik, sosial, dan budaya, serta kisah-kisah dan legenda yang hidup di dalamnya.

Sejumlah pandangan subyektif dan unsur moral dalam tulisan-tulisan Herodotus jelas tidak dapat dihindari mengingat dia menulis dari perspektifnya sendiri dan sering mengambil peradaban Yunani sebagai standar untuk menilai peradaban lain.

Sisa reruntuhan kota Thurii (Wikimedia)
Sisa reruntuhan kota Thurii (Wikimedia)

Sekitar 444 SM, orang Athena mendirikan koloni baru bernama Thurii di Italia selatan. Tempat tersebut menjadi pertemuan internasional dan warga terkemuka dari semua bangsa beradab. Herodotus lantas tianggal di Thurii untuk sementara waktu, untuk akhirnya memutuskan kembali ke Athena pada tahun 432 SM.

Herodotus wafat di Athena antara tahun 426 hingga 415 SM. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Aksi Bocah Berhati Emas Kepada Sesama, Inspiratif!

5 Kue Dari Vietnam Ini Ternyata Mirip Kue Tradisional Indonesia