Vietnam tak hanya terkenal akan wisata alamnya, namun juga kulinernya yang menyehatkan. Sebut saja goi cuon, banh mi, pho, dan masih banyak lagi. Selain menu kuliner utama, kue-kue khas Vietnam juga tak kalah sehatnya karena kebanyakan dibuat dengan cara dikukus. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa kue khas Vietnam yang ternyata mirip dengan kue tradisional asal Indonesia. Kemiripan kue khas Vietnam dengan kue tradisional Indonesia ini dikarenakan faktor bahan utama yang banyak menggunakan tepung beras serta tepung tapioka. Penasaran ingin tahu kue khas Vietnam apa sih yang mirip dengan kue tradisional Indonesia. Mari kita lihat listnya JBers!

1. Banh Bo dengan Kue Mangkok

Banh Bo dan Kue Mangkok (runawayrice.com, resepmasakankreatif.com)
Banh Bo dan Kue Mangkok (runawayrice.com, resepmasakankreatif.com)

Banh bo atau yang dijuluki dengan nama cow cake ini adalah kue bertekstur kenyal dan memiliki citarasa manis. Banh bo terbuat dari tepung beras, air, gula, santan, dan ragi. Kue yang dimasak dengan cara dikukus ini memang mirip sekali dengan kue mangkok khas Indonesia mulai dari bentuk dan warna-warninya serta citarasanya pun juga mirip loh JBers.

2. Banh Khoai Mi dengan Wingko Babat

Banh Khoai Mi dan Wingko Babat(www.youtube.com, indonesiakaya.com)
Banh Khoai Mi dan Wingko Babat(www.youtube.com, indonesiakaya.com)

Banh khoai mi adalah kue yang dibuat dari parutan singkong, gula, santan, serta garam. Dari segi bahan bakunya, kue ini mirip sekali dengan wingko babat asal Jawa Tengah. Mulai dari bentuk, cara memasaknya yang dipanggang, serta citarasanya yang manis, legit, dan gurih dari santan.

3. Banh Da Lon dengan Kue Pepe

Banh Da Lon dan Kue Pepe (40tuanthaiky.com, sajiansedap.com)
Banh Da Lon dan Kue Pepe (40tuanthaiky.com, sajiansedap.com)

Banh da lon di Vietnam juga dikenal sebagai kue kulit babi karena teksturnya yang mirip kulit babi. Meski dinamakan kue kulit babi, namun tidak ada penggunaan kulit babi dalam adonannya. Sekilas kamu pasti tak akan bisa membedakan mana banh da lon dan mana kue pepe asal Indonesia karena bentuknya yang sangat mirip. Sama seperti kue pepe yang juga dikenal dengan nama kue lapis ini, banh da lon juga terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, santan dan gula.

4. Banh Com dengan Kue Ku

Banh Com dan Kue Ku(food.detik.com, dynamicnatural.com)
Banh Com dan Kue Ku(food.detik.com, dynamicnatural.com)

Banh com merupakan kue khas Vietnam yang terbuat dari tepung beras ketan dan kacang hijau tumbuk sebagai isiannya. Teksturnya sangat kenyal dan legit. Bahan dasar serta isian kacang hijaunya membuatnya mirip dengan kue ku yang bisa dengan mudah kamu temui di pasar tradisional Indonesia. Bentuknya yang kotak memang berbeda dengan kue ku yang dicetak dengan cetakan khusus, namun dari segi rasa sama persis kok JBers.

5. Banh Phu The dengan Kue Nagasari

Banh Phu The dan Kue Nagasari(www.marry.vn, kuliner123.com)
Banh Phu The dan Kue Nagasari(www.marry.vn, kuliner123.com)

Banh phu the memiliki arti kue suami dan istri karena kue ini sering muncul pada saat perayaan pesta pernikahan. Banh phu the dikatakan mirip dengan kue nagasari karena sama-sama terbuat dari tepung tapioka dan santan yang dibungkus dengan daun sebelum dikukus. Satu hal yang bisa membedakan banh phu the dan kue nagasari ini adalah isiannya. Jika banh phu the berisi kacang hijau tumbuk, kue nagasari berisi potongan pisang kepok.

Bagaimana menurut kamu JBers, di antara kelima kue-kue khas Vietnam tersebut mana yang paling mirip kue tradisional Indonesia? (jow)