Wisata Pantai (thehappyhealthfreak.com)

Pergi berwisata bersama dengan teman-teman adalah liburan yang sangat menyenangkan. Apalagi lokasi wisata yang dituju adalah pantai. Suara deburan ombak, hangatnya pasir pantai, serta indahnya pemandangan lautan luas bercampur menjadi satu dengan riuh canda tawa bersama dengan teman kamu. Berwisata ke pantai dapat merefreshing penat dan melepas beban pikiran. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai, namun terkadang hal itu terlewat begitu saja sehingga wisata kamu ke pantai terkesan biasa dan tidak meninggalkan moment yang indah bersama teman. Oleh karena itu, kamu harus membaca lima tips cerdas di bawah ini agar wisata ke pantai bersama teman kamu jadi lebih berkesan.

1. Memilih Lokasi Pantai Tujuan

Pantai Raja Ampat (www.ciputra-uceo.net)
Pantai Raja Ampat (www.ciputra-uceo.net)

Ada banyak pantai di Indonesia yang bisa kamu pilih. Namun, hal yang terpenting adalah memilih pantai yang sesuai dengan budget kamu. HTM yang dikenakan pengelola pantai biasanya memang tidaklah mahal malah ada beberapa yang mengratiskan. Tapi, kamu juga harus memperhitungkan anggaran transportasi, durasi perjalanan, serta banyaknya orang yang akan ikut serta dalam perjalanan kamu. Jika kamu memilih pantai yang berada di luar kota dan letaknya agak jauh, besar kemungkinan kamu akan mencari penginapan di sekitar pantai. Dengan memilih lokasi pantai terlebih dahulu, kamu bisa mengatur segala sesuatunya dengan tepat sehingga saat hari H, kamu tak perlu pusing lagi dan tinggal santai menikmati liburan kamu bersama teman.

2. Cari Waktu yang Tepat

Memilih Waktu Liburan (www.suffolkathletics.org.uk)
Memilih Waktu Liburan (www.suffolkathletics.org.uk)

Setelah memilih pantai, kamu bisa mencari waktu bepergian yang tepat. Tentunya akan sangat berbeda jika kamu memilih pergi ke pantai saat musim liburan atau high season dengan hari biasa. Padatnya pengunjung saat high season bisa mengurangi tingkat kenyamanan kamu saat berwisata. Usahakan untuk menghindari high season dan mencari waktu kosong serta menyamakan jadwal kamu dan teman. Iklim dan cuaca juga sangat berpengaruh saat kamu mencari waktu bepergian, pasalnya ada beberapa pantai yang tutup alias tidak menerima pengunjung karena cuaca sedang buruk alias hujan lebat sehingga air di pantai pasang surut.

3. Menentukan Olahraga Air yang Disukai

Banana Boat (www.aquamarineresorts.com)
Banana Boat (www.aquamarineresorts.com)

Jika kamu wisata ke pantai bersama teman, usahakan mencari olahraga air yang kalian suka. Jangan egois dengan memilih olahraga air yang kamu suka tapi teman kamu tak suka. Tentukan olahraga air yang akan kalian lakukan, misalnya kalian ingin sama-sama berselancar, naik banana boat, diving, berenang, atau kalian hanya ingin bermalas-malasan dengan tidur-tiduran di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan. Jika kalian melakukan olahraga air bersama-sama, maka suasana akan lebih menyenangkan dan tidak ada salah satu di antara kalian yang menjadi bosan.

4. Membawa Perlengkapan Pantai

Perlengkapan Pantai (drufgaya.com)
Perlengkapan Pantai (drufgaya.com)

Membawa perlengkapan pantai seperti kacamata hitam, pakaian renang, topi, sandal jepit, pakaian ganti, sunblock, handuk, hingga tikar atau alas duduk sangat diperlukan jika kamu tak ingin ada budget tak terduga yang keluar dari kocek kamu saat kamu kelupaan membawa barang-barang tersebut. Jika kamu sudah menentukan olahraga air yang akan kamu lakukan, kamu juga harus membawa serta perlengkapan untuk olahraga air tersebut kalau kamu dan teman kamu memilikinya di rumah. Hal ini bisa menghemat pengeluaran budget wisata dan mengalokasikannya untuk hal lain seperti untuk membeli oleh-oleh.

5. Snack dan Camilan Tak Boleh Ketinggalan

Camilan Snack (komunitas.bukalapak.com)
Camilan Snack (komunitas.bukalapak.com)

Meski terlihat sepele, namun snack dan camilan tak boleh ketinggalan saat kamu pergi berwisata. Biasanya para pedagang snack dan camilan yang ada di dekat pantai mematok harga jual yang cukup tinggi sehingga mau tak mau kamu membelinya. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membawanya dari rumah atau membelinya di minimarket dekat rumah. Setelah menghabiskan snack dan camilan kamu, jangan lupa untuk membuangnya di tempat sampah ya JBers.

Sudah tahu khan lima tips cerdas yang bisa bikin wisata ke pantai bersama teman jadi lebih berkesan. Selamat liburan ke pantai! (jow)