Trik Fotografi (www.sheknows.com)

Saat pergi berwisata, salah satu hal wajib yang harus dilakukan adalah mendokumentasikannya. Dengan mendokumentasikan momen perjalanan, kamu bisa mengenang saat berwisata kamu di kemudian hari. Mendokumentasikan momen perjalanan bisa berupa foto, video, dan juga tulisan atau review. Dari ketiga jenis dokumentasi tersebut, foto adalah yang paling sering digunakan. Foto wisata dengan foto sehari-hari yang kamu ambil tentu akan berbeda karena dalam foto wisata kamu harus menampilkan saat berwisata kamu dengan apik. Jika kamu ingin hasil foto wisata kamu jadi lebih keren seperti ala fotografer profesional, kamu harus simak dulu lima trik di bawah ini JBers!

1. Tentukan Tema Pemotretan

Tema Sosial Pendayung Perahu (www.rahlat.com)
Tema Sosial Pendayung Perahu (www.rahlat.com)

Sebelum kamu memotret, sebaiknya tentukan dulu tujuan wisata kamu kemudian tentukan tema pemotretan. Dua hal itu akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan hasil foto yang penuh dengan makna layaknya sebuah foto yang menceritakan suatu kisah. Misalkan jika kamu pergi wisata ke pantai, cobalah ambil tema kebahagiaan dari orang-orang yang sedang bermain air. Lalu jika kamu pergi ke gunung, kamu bisa mengambil tema kepuasaan dari orang-orang yang berhasil mencapai puncak gunung meski kelelahan melanda mereka.

2. Bidik Satu Objek Fokus

Satu Objek Fokus (www.pinterest.com)
Satu Objek Fokus (www.pinterest.com)

Biasanya kamu akan asal memotret objek mana saja yang menurut kamu menarik untuk difoto tanpa fokus pada satu objek tertentu. Menjepret objek mana saja sebenarnya sah-sah saja, namun perhatian satu objek yang bisa menjadi fokus kamu saat memotret. Misalkan saat kamu berwisata ke tempat bersejarah, kamu bisa fokus pada benda peninggalan sejarah yang tampak usang. Sisi keusangan tersebut bisa menceritakan berapa lama usia benda peninggalan sejarah tersebut.

3. Perhatikan Background dan Komposisi

Background dan komposisi foto (digital-photography-school.com)
Background dan komposisi foto (digital-photography-school.com)

Bukan hanya objek fokus saja yang harus kamu perhatikan, namun juga background objek yang akan kamu foto. Kamu pasti pernah melihat sebuah foto dengan background orang-orang berseliweran alias orang-orang tak terduga yang muncul di belakang objek foto. Hal ini tentunya bisa mengurangi tingkat keindahan hasil foto kamu. Cari background foto yang bisa mendukung hasil foto kamu. Perhatikan juga komposisi foto yang akan kamu ambil. Apakah lebih bagus untuk diambil secara landscape atau portrait.

4. Menggunakan Garis Horizon

Garis Horizon (www.itsjustlight.com)
Garis Horizon (www.itsjustlight.com)

Saat objek foto kamu adalah pemandangan alam, tentunya kendala yang dihadapi adalah menangkap momen apik yang bisa menonjolkan betapa indahnya tempat wisata yang kamu datangi. Menurut para fotografer profesional, sebuah foto yang baik adalah foto yang memiliki garis horizon yang lurus. Misalkan foto pemandangan laut atau pantai yang lurus dapat menghasilkan bayangan indah matahari yang terpantul di atas air laut. Jika kamu menggunakan kamera ponsel, untuk mendapatkan foto dengan garis horizon lurus ini, kamu bisa menggunakan fasilitas garis yang ada di aplikasi instagram atau aplikasi foto lainnya. Dengan menggunakan fasilitas garis tersebut, foto yang dihasilkan akan lebih lurus.

5. Perlengkapan Tambahan

Tripod (www.diyphotography.net)
Tripod (www.diyphotography.net)

Point terakhir adalah membawa perlengkapan tambahan untuk mendukung kegiatan memotret kamu seperti, lensa, tripod, dan juga tongsis yang pastinya tak boleh ketinggalan. Perlengkapan sederhana tersebut mampu memudahkan kamu untuk menangkap momen-momen tertentu yang ingin kamu abadikan. Misalkan untuk foto bersama teman seperjalanan dengan background wisata, kamu bisa menggunakan tripod kamu agar semua objek yang ingin difoto bisa tertangkap kamera dengan sempurna.

Setelah tahu lima trik di atas, jangan lupa untuk langsung dipraktekkan saat kamu sedang berwisata ya JBers! (jow)