Meski musik Indonesia bisa dibilang kini mengalami penurunan, namun masih banyak musisi Indonesia yang terus berkarya untuk menjaga kelangsungan hidup musik Indonesia. Bahkan, tak jarang musisi ini menjadi pantan musisi lainnya dalam berkarya. Dilansir dari Forzanesiacom, berikut adalah 5 musisi legendaris Indonesia yang jadi panutan di musik Indonesia.

1. Armand Maulana

Armand Maulana (Kaskus)
Armand Maulana (Kaskus)

Vokalis band GIGI ini dikenal sebagai vokalis band dengan aksi panggung yang keren. Saking kerennya, sampai ada istilah sebesar apapun panggung musik, Armand Maulana dapat menguasainya. Banyak vokalis band yang menjadikan Armand Maulana sebagai sosok idola sekaligus inspirasi. Sebut saja vokalis Radja Ian Kasela. Aksi panggung Ian mirip dengan Armand, karena ia mengakui Armand Maulana adalah sosok inspirasinya. Vokalis band lainnya yang diketahui mengidolakan Armand adalah Tria Changcuters.

2. Ian Antono

Ian Antono (Kaskus)
Ian Antono (Kaskus)

Ian Antono adalah seorang musikus sekaligus pencipta lagu dan juga dikenal sebagai gitaris band legendaris God Bless. Banyak sekali gitaris Indonesia yang terispirasi dari sosok Ian. Tak tanggung-tanggung, mereka ternyata juga gitaris terkenal di Indonesia, seperti Dewa Budjana, Ridho Slank, Erros, Tohpati dan masih banyak lagi.

3. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi (RTL)
Anggun C. Sasmi (RTL)

Anggun C. Sasmi adalah seorang penyanyi dan juga penulis lagu. Anggun adalah penyanyi Asia pertama yang sukses menembus Chart Billboard Amerika lewat lagu “Sahara” dan “Hot Dance/Club Play”. Tidak heran berkat kesuksesannya itu banyak penyanyi wanita Indonesia yang ingin sukses seperti Anggun, salah satunya Agnes Monica yang mencoba mengikuti jejaknya. Bahkan Kikan eks vokalis band Cokelat juga mengagumi sosok Anggun.

4. H. Rhoma Irama

H. Rhoma Irama (Surya-aka)
H. Rhoma Irama (Surya-aka)

Siapapun penyanyi atau musisi khususnya musik dangdut kebanyakan menjadikan sosok Rhoma Irama menjadi panutan. Bahkan tidak hanya dangdut, banyak juga musisi yang bukan mengusung musik dangdut pun menjadikan sosok Bang Haji sebagai inspirasi, salah satunya adalah Giring Nidji. Penyanyi lain seperti Rossa, Afgan dan Cakra Khan pun sangat mengagumi sosok Bang Haji.

5. Iwan Fals

Iwan Fals (Gigsplay)
Iwan Fals (Gigsplay)

Inilah legenda musik Indonesia yang paling banyak menjadi inspirasi musisi Tanah Air. yang sudah berkarya hampir 4 dekade. Tak tanggung-tanggung, Iwan Fals diidolakan oleh musisi Indonesia pada berbagai era. Pada era 90an, ada band Padi, yang semua personelnya menjadikan Iwan Fals sebagai inspirasi dalam bermusik. Pada era milennium, kita mendengar beberapa musisi seperti Superman is Dead, Bondan, D’masiv, Noah dan masih banyak lagi yang mengidolakan sosoknya. Tak hanya itu, penyanyi wanita seperti Isyana Sarasvati pun mengagumi sosok Iwan Fals. (tom)