‘Demam’ berburu Pokemon merebak berkat game baru, Pokemon Go, yang bisa diunduh dan dimainkan di smartphone berbasis Android dan iOS. Semua orang tampak hilir-mudik mencari berbagai jenis Pokemon, beberapa hari belakangan ini.

Jika kamu memainkan game “Pokemon Go”, mungkin kamu bercita-cita untuk bisa mendapatkan Pokemon langka, atau Pokemon legendaris. Meski demikian, hingga kini Pokemon langka itu masih belum ditemukan, dan belum ada yang berhasil menangkapnya.

Saking sulitnya menangkap Pokemon langka itu, sampai-sampai acara televisi “Ripley’s Believe It or Not” bakal menyediakan hadiah sebesar USD 5 ribu atau sekitar Rp 65 juta rupiah bagi siapa saja yang berhasil mendapatkan Pokemon langka.

Pokemon Go berhadiah Rp 65 juta (Attractionsmagazine)
Pokemon Go berhadiah Rp 65 juta (Attractionsmagazine)

Dilansir dari Fraghero, Rabu (20/7/2016), ada syarat tersendiri bagi pemain yang ingin memenangkan hadiah tersebut. Para pemain ditugaskan untuk berkeliling di lokasi yang Ripley’s tentukan dalam menemukan Pokemon langka. Bila berhasil, disediakan hadiah harian sebesar USD 100 (sekitar Rp 1,4 juta) dan hadiah utama sebesar yang telah disebutkan tadi.

Apabila berhasil menangkap pokemon langka, pemain harus men-screenshot hasil tangkapannya dan mengunggahnya di akun Instagram atau Twitter. Hadiah utama akan diberikan pada pemain “Pokemon Go” yang menangkap Pokemon paling langka di dekat lokasi mereka di akhir kontes. Jika ada beberapa pemain yang mendapatkan Pokemon langka, maka orang pertama yang menangkap Pokemon paling langkalah yang akan menjadi pemenang. Sayangnya, sayembara ini baru diadakan di sekitar Amerika Serikat, Australia dan Kanada.

Terlepas dari sayembara itu, jika kamu ingin menangkap Pokemon langka, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Seperti yang diketahui, “Pokemon Go” memiliki patokan data berdasarkan game Ingress yaitu sebuah game augmented reality (AR) yang juga besutan Niantic Labs.

Menurut sebuah posting-an di forum online Reddit, bila kamu menjalankan Ingress dan “Pokemon Go” pada saat bersamaan, memungkinkan kamu untuk menemukan Pokemon tersembunyi dengan lebih mudah. Dengan cara tersebut, tak menutup kemungkinan, kamu akan menemukan dan menangkap Pokemon langka. Memang, menemukan Pokemon langka bisa dilakukan dengan cara biasa, akan tetapi jika Anda dapat menemukannya dengan mudah, cara ini layak dicoba.

Pokemon Go (Suara)
Pokemon Go (Suara)

Menurut situs Ubergizmo, pada dasarnya Ingress akan menampilkan titik putih di peta yang menandai hotspot energi. Tampaknya, ada beberapa korelasi antara hotspot ini dan Pokemon, di mana lebih banyak hotspot di Ingress, peluang kamu untuk menemukan Pokemon semakin besar.

Namun satu-satunya kelemahan metode ini adalah dapat menguras daya baterai. “Pokemon Go” sendiri juga cukup menguras banyak daya baterai.

Sementara itu, menurut situs Forbes, seberapa sering pemain “Pokemon Go” menemukan ‘spesies’ Pokemon langka bergantung pada ‘trainer level’ sang pemain yang bisa dilihat di sudut kiri layar smartphone. Cara meningkatkan trainer level sendiri adalah dengan mendapatkan ‘experience’ yang pada dasarnya didapatkan dari apapun yang pemain lakukan.

Jadi, sering-seringlah mengambil PokeStops, bertarung di berbagai gym, serta tetaskan telur-telur. Experience juga bisa didapatkan dengan banyak berjalan.

Pokemon Go (Liputan6)
Pokemon Go (Liputan6)

Kalau kamu bukan orang yang sabar, jalan pintas meningkatkan experience adalah dengan membeli ‘Lucky Egg’. Dengan ini, kamu dapat melipatgandakan experience yang didapat selama 30 menit.

Forbes, yang menjajal permainan ini, menemukan 520 Scyther. Pokemon level rendahan yang kerap terdeteksi juga telah tergantikan oleh monster-monster baru plus versi evolusi dan Pokemon tipe normal. Jika sudah begini, ‘spesies’ yang belum kamu lihat hanyalah Pokemon super langka saja, semisal Articuno, Zapdos, Moltres, dan Mew.

Kamu bisa coba sendiri metode di atas. Selamat berburu Pokemon langka! (tom)