Di era teknologi yang semakin berkembang ini, banyak kemudahan yang bisa kita rasakan dibandingkan dengan dampak negatif yang muncul. Meskipun begitu, terselip banyak kisah dalam perkembangan teknologi yang tak dipublikasikan secara luas, apalagi yang menyangkut internet dan juga media sosial. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 film dokumenter yang ungkap sisi lain teknologi media sosial.

1. Citizenfour

Film yang satu ini adalah bukti bahwa dokumenter bisa jadi media untuk bicara dan diperhatikan secara luas. “Citizen Four” berfokus pada kisah Edward Snowden yang tengah kabur dari incaran pemerintah Amerika karena mengungkap rahasia NSA yang selama ini ditutup-tutupi. Awal mulanya Laura Poitras, seorang filmmaker dokumenter ternama mendapatkan pesan dari orang bernama CITIZENFOUR, yang mengaku memiliki bukti akan pengawasan ilegal yang dilakukan oleh NSA dan pihak internasional. Ternyata, pengirim pesan tersebut adalah Edward Snowden. Poitras lalu mengajak Glenn Greenwald untuk bertemu dengan Snowden dan kemudian merekam pertemuan tersebut. Banyak hal yang dibeberkan dalam film ini termasuk fakta-fakta mencengangkan bahwa selama ini kita diawasi secara diam-diam.

2. Downloaded

Di awal perkembangan teknologi internet, Napster adalah salah satu pioner dalam pengembangan sistem berbagi file. Disutradarai oleh Alex Winter, film ini menyoroti tentang revolusi download atau unduh di internet dan masalah-masalah yang ditimbulkan. Yang jadi objek utama adalah Napster, jejaring yang diciptakan oleh Shawn Fanning dan Sean Parker. Napster yang lahir tahun 1999 ini merubah ekosistem pendengar musik dengan label yang menaungi para musisi. Semenjak Napster populer, para pengguna internet tak perlu lagi ke toko musik untuk membeli album artis idolanya, melainkan hanya perlu mengunduh via internet.

3. TPB AFK: The Pirate Bay Away From Keyboard

Bisa ditebak bahwa para penikmat film yang â??mahirâ?? menggunakan internet tak lagi awam dengan kata torrent. Ya, torrent merupakan sistem berbagi file yang kian populer sampai saat ini. Sama seperti Napster yang mengguncang industri musik, torrent bahkan menciptakan masalah yang lebih besar yaitu industri media. Melalui film yang disutradarai oleh Simon Klose ini kamu dapat menemukan sisi lain di balik kemudahan mengunduh via torrent yang ternyata melanggar sejumlah hukum.

4. Teen, Social Media, and Marketing

Film ini adalah refleksi nyata bahwa media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang menyasar kalangan remaja. Dengan adanya media sosial, kini para remaja dapat melihat artis atau idola mereka secara detil, yang jelas berpengaruh terhadap pencarian identitas masing-masing remaja tersebut. Tapi apakah para remaja itu peduli? Atau para marketers yang memanfaatkan mereka? Kamu bisa menemukan jawabannya dalam film yang diproduseri oleh Frank Koughan dan Douglas Rushkoff ini.

5. Indie Game

Di balik game yang anda mainkan lewat komputer atau konsol saat ini, terdapat perjuangan keras para developer game yang berjuang melawan waktu dan juga tenaga. “Indie Game” mengungkap secara lengkap bagaimana developer game independent dalam berjuang menciptakan game buatan mereka secara susah payah dan penuh hambatan. Terselip banyak wawancara dengan para developer tersebut, yang kemudian secara kasat mata menunjukkan bahwa mereka adalah sosok yang membutuhkan apresiasi lebih atas karya mereka. (tom)