Uniknya Kopi Khop Khas Aceh, Cangkirnya Disajikan Terbalik

Menyeruput kopi yang diseduh dalam cangkir sudah biasa. Namun di Aceh, ada cara unik dalam menyajikan kopinya. Di sana, cangkir atau gelas kopinya justru disajikan terbalik. Kopi ini dinamakan Kopi Khop.

Sejak lama Aceh dikenal dengan kopinya yang khas dan bikin ketagihan. Tak heran jika berwisata ke ujung barat Indonesia ini, umumnya kopi menjadi salah satu pilihan oleh-oleh. Dari sekian banyak varian kopi Aceh yang kerap menjadi buruan para traveler, Kopi Khop adalah yang paling diburu.

Kopi khop atau dikenal juga dengan nama kopi tubruk berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Konon cara penyajian kopi tersebut terilhami dari model topi yang menjadi trade mark pahlawan nasional yang berasal dari daerah setempat yaitu Teuku Umar. Penyajian kopi itu telah ada sejak zaman penjajah atau pada saat Teuku Umar bergerilya.

Kopi Khop (Okezone)
Kopi Khop (Okezone)

Di daerah tempatnya berasal, kedai-kedai kopi berjejer di pinggir pantai, sehingga agar tetap hangat saat dinikmati kopi sengaja disajikan dalam cangkir dengan posisi terbalik. Selain agar bebas dari debu dan tetap nikmat saat diminum, penyajian kopi dengan cara tersebut juga mempengaruhi citarasa yang ditawarkan.

Seperti namanya, kopi khop atau kopi terbalik menggunakan gelas yang diposisikan terbalik di atas piring kecil. Sebuah sedotan akan membantu kita untuk menyesap tetes-tetes kenikmatan dari celah gelas.

Tak perlu khawatir, meskipun tidak disaring sama sekali seperti umumnya kopi Aceh yang disaring berulang-ulang, ampas bijih kopi tidak akan terminum karena posisinya mengapung di atas gelas.

Cara menikmati kopi Khop (Tribunnews)
Cara menikmati kopi Khop (Tribunnews)

Aan Risnanda Vahlevi, salah satu pemilik kedai kopi khop di Banda Aceh mengatakan teknik menyeduh dan minum kopi ini merupakan tradisi minum kopi khas dari Meulaboh yang kemudian diperkenalkan ke Aceh Besar.

“Ini sudah lama dan aslinya dari Meulaboh, kami sengaja bawa ke Aceh Besar supaya masyarakat lebih kenal kopi khop secara luas” kata pria yang akrab disapa Aan ini seperti dikutip dari Okezonecom, Kamis (21/7/2016).

Aan juga menjelaskan kopi yang digunakan adalah jenis kopi robusta yang digiling kasar kemudian diseduh. Bukan seperti arabika yang diminum tanpa campuran apapun, kopi khop ini biasanya disajikan dengan tambahan gula atau susu kental manis.

Untuk menikmati kopi ini, kamu tak perlu merogoh kantong dalam-dalam, pasalnya kopi ini dibanderol hanya dengan Rp 5 ribu hingga Rp 8 ribu per gelasnya. Tertarik mencicipin kopi ini? (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Inspirasi Foto Prewed Paling Gokil yang Bisa Kamu Lakukan di Indonesia

5 Lagu Populer Indonesia Ini Dibuat Versi Bahasa Asing, Ciamik