Sang vokalis, pemain gitar, sekaligus frontman dari band Foo Fighters, Dave Grohl, sempat disepelekan 20 tahun lalu. Semenjak tak lagi berada di band Nirvana sebagai drummer, dia pun kembali meneruskan perjalanannya di dunia musik dengan band baru, namun kali ini bukan sebagai drummer.

Rupanya, Dave berhasil membuktikan kalau yang menyepelekan dia itu salah besar. Nyatanya, kini Foo Fighters merupakan salah satu band besar yang mungkin bisa menyamai band-band senior sebelum Foo Fighters terbentuk.

Sukses di dunia musik, Dave Grohl pun membagikan tipsnya bagi para drummer untuk bisa bermain gitar seperti dirinya, dengan tujuan seandainya band dari sang drummer bubar, sang drummer masih bisa survive dengan menjadi gitaris, seperti Dave.

Dave Grohl (Rollingstone)
Dave Grohl (Rollingstone)

Tips dari dirinya tertuang lewat video YouTube yang berjudul “Dave Grohl Proves You Don’t Need Lessons to Rock” yang diunggah oleh akun theoffcamerashow. Dalam video itu, Dave menunjukkan bagaimana cara memainkan gitar akustik untuk para drummer. Kuncinya hanya satu, yaitu anggaplah gitar yang kamu mainkan itu sebagai drum.

“Saya menganggap gitar ini sebagai drum,” katanya dalam video. “Saya menganggap senar-senar bawah sebagai kick dan snare, sementara senar-senar atas sebagai simbal,” lanjutnya.

Pada satu waktu, dia pun berkata, “tidak ada yang mengajari saya hal ini, namun menurut saya ini terdengar bagus dan mudah diingat.”

Kemudian dia pun menunjukkan sedikit aksinya memainkan gitar akustik yang dia bawa. Tentu saja yang dia mainkan itu tidak serumit permainan gitar Joe Satriani atau Paul Gilbert, namun setidaknya bagi para drummer yang ingin belajar gitar bisa termotivasi berkat adanya video ini.

Penasaran? Langsung saja tonton videonya berikut ini.

(tom)