Film fiksi ilmiah tentang eksplorasi ruang angkasa tak jarang menampilkan pesawat-pesawat berteknologi tinggi yang memiliki bentuk dan tampilan keren. Bahkan ada beberapa yang memorable di kalangan fans. Dilansir dari Cinemagsid, Jumat (22/7/2016), berikut adalah 5 pesawat luar angkasa terkeren dan tercanggih dalam film fiksi ilmiah.

1. Ranger Spacecraft

Ranger Spacecraft (Interstellar Wikia)
Ranger Spacecraft (Interstellar Wikia)

Dalam film “Interstellar”, banyak teknologi baru dan juga pesawat canggih yang ditampilkan oleh Christopher Nolan. Dari beberapa pesawat luar angkasa yang ada, Ranger Spacecraft adalah spaceship dengan model terbaik dan suguhan visual paling memikat. Adegan memorable saat Ranger Spacecraft mendarat di planet Miller mungkin jadi salah satu adegan dengan visual terbaik dalam film ini.

2. The Enterprise

The Enterprise (Cratchit)
The Enterprise (Cratchit)

Pesawat ini memiliki bentuk yang berbeda-beda di sepanjang perkembangan “Star Trek”. Dalam film “Star Trek” arahan J.J. Abrams, The Enterprise atau USS Enterprise ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar karena sang sutradara menginkan pesawat dengan bentuk tipe hot-rod. Dalam film “Star Trek” arahan J.J. Abrams kita dapat melihat banyak shot yang memperlihatkan besarnya USS Enterprise.

3. USCSS Prometheus

USCSS Prometheus (Project Prometheus)
USCSS Prometheus (Project Prometheus)

Raksasa dan memiliki kemampuan yang canggih, USCSS Prometheus bisa dibilang salah satu pesawat luar angkasa yang dikemas dengan sangat detail dalam film. Dalam film “Prometheus” pesawat ini terlihat sangat megah saat melakukan pendaratan di LV-223. Tak cuma eksteriornya saja, namun interiornya juga terlihat keren dan canggih.

4. Star Destroyer

Star Destroyer (Starwars)
Star Destroyer (Starwars)

Star Destroyer adalah pesawat luar angkasa yang dimiliki oleh Galactic Empire untuk menyerang para Rebels dalam film “Star Wars”. Pesawat ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan jadi singgasana penting bagi Darth Vader, villain utama di trilogi pertama “Star Wars”. Tak bisa dipungkiri jika scene pembuka dari “Star Wars: A New Hope” merupakan adegan terbaik yang memperlihatkan kemegahan Star Destroyer.

5. Millennium Falcon

Millennium Falcon (Screenrant)
Millennium Falcon (Screenrant)

Jika Star Destroyer begitu megah, maka pesawat ini adalah ikon unik yang begitu penting di kisah “Star Wars”. Kecanggihan dan juga bentuk yang dimiliki oleh Millennium Falcon adalah daya tarik tersendiri dari pesawat ini. Tetap bertahan dari film pertama “Star Wars” hingga “Star Wars: The Force Awakens”, pesawat ini sejatinya tak memiliki kemampuan yang begitu canggih melainkan hanya bergerak dengan kecepatan cahaya. (tom)