Semua orang punya kegemaran dan hobi dan berbeda. Meski sebagian menjadikan hobi sebagai pekerjaan, banyak pula yang tidak mengharapkan apa-apa, selama ia meraih kesenangan secara batin.

Jangan salah, lho, beberapa hobi ini ada sertifikasinya. Artinya, kalau kamu sudah punya sertifikat resmi dari lembaga yang kredibel, keahlianmu itu sudah diakui secara resmi. Maka, tujuan melakukanhobi yang tadinya hanya untuk senang-senang, bisa kamu jadikan pekerjaan profesional. Dikutip dari Hipwee, berikut ini 5 hobi yang mempunyai sertifikasi resmi.

1. Hobi Meracik Kopi

blogto.com

Meracik kopi di kafe tidak semudah saat kamu membuat kopi instan di rumah. Keahlian meracik kopi ini tidak semua orang bisa. Tak heran, untuk menjadi peracik kopi yang profesional, para Barista harus mengikuti serangkaian latihan dan uji kompetensi barista untuk mendapatkan sertifikat.

Kalau kamu gemar meracik kopi, tidak ada salahnya untuk menjadikan kemampuanmu jadi profesional. Di Indonesia ada sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai lembaga yang berwenang untuk melakukan uji standar kompetensi profesi yang berkaitan dengan kopi di Indonesia.

2. Fotografi

bhphotovideo.com

Fotografi tak asal jeprat-jepret saja, ada berbagai ilmu yang harus dimengerti dan dipelajari. Mulai dari pencahayaan yang tepat untuk sebuah angle sampai membuat efek yang tepat untuk menciptakan suasana.

Kalau kamu hobi hunting foto, tak ada salahnya mendapat ini sudah ada sertifikasi untuk fotografer yang dikelola oleh Lembaga Sertifikasi Uji Kompetensi Fotografi Indonesia (Leskofi) yang dibentuk oleh Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) dan dikukuhkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pauddikmas.

3. Menyelam

marlionllc.com

Jika hobi diving dan ingin mengeksplorasi keindahan laut-laut di dunia ternyata kamu harus punya sertifikat diving internasional dulu. Diving ada beberapa jenisnya, tetapi yang paling umum adalah scuba diving, yaitu menyelam dengan menggunakan perlengkapan khusus seperti tabung pernapasan dan sebagainya.

Setelah menjalani pelatihan dan uji kompetensi, kamu akan mendapatkan Lisensi internasional. Sertifikat yang kamu dapatkan ini bisa dari PADI organisasi Scuba Diving internasional. Keuntungannya setelah mempunyai international license, kamu bebas menjelajahi spot-spot diving di dunia.

4. Arung Jeram

alidesta.wordpress.com

Kegiatan mengarungi arus sungai yang deras dengan perahu karet yang dilakukan bersama-sama satu tim ini, menuntut nyali yang besar dan perlu keahlian yang mumpuni Olahraga yang memacu cukup memacu adrenalin ini punya banyak peminat. Terbukti dari bertebarannya paket-paket wisata arung jeram di seluruh Indonesia.

Arung jeram pun menjadi salah satu kegiatan yang bersertifikat. Kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan tes uji kompetensi sertikasi yang diadakan oleh banyak lembaga, salah satunya Feredesi Arung Jeram Indonesia (FAJI). Nantinya, kamu bisa mengikuti berbagai kontes arung jeram internasional, atau menjadi pemandu arung jeram profesional.

5. Gemar Menerjemah Karya Asing

papercitymag.com

Pekerjaan penerjemah sering kali hanya berupa pekerjaan lepas. Bahkan banyak yang dengan sukarela menerjemahkan sebuah karya asing, seperti membuat subtitle, menerjemahan komik di Webtoon atau menerjemahkan buku, Sesungguhnya menerjemahkan sebuah teks tidak sesederhana yang kamu pikirkan lho. Kamu harus memahami konteks cerita, paham bagaimana budaya yang terjadi di setting novel tersebut.

Nah, jika kamu salah satunya, lebih baik segera dapatkan sertifikasi resmi dari Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI), Sertifikat yang dikeluarkan HPI ini nantinya akan berlaku selama 5 tahun dari masa dikeluarkannya sertifikat.