Kuliner apa sih yang sedang JadiBerita di kalangan anak muda Jakarta belakangan ini? Jawabannya adalah kuliner serba hitam. Warna hitam yang tadinya dianggap tidak menarik di dunia kuliner kini malah menjadi tren karena dianggap unik dan berbeda. Malah ada beberapa restoran serta cafe yang menjadikan kuliner berwarna hitam ini sebagai highlight alias menu andalan mereka. Buat kamu yang ingin mencicip kuliner hitam ini, JadiBerita sudah merangkum lima kuliner hitam manis dengan citarasa maknyus yang patut kamu icip, yaitu:

1. Martabak Hitam di Blackpool

Martabak Blackpool (www.pestadiskon.com)
Martabak Blackpool (www.pestadiskon.com)

Siapa yang tak suka martabak manis, tak seperti martabak manis kebanyakan yang berwarna kuning keemasan, martabak yang dijual di Blackpool ini khusus berwarna hitam. Warna hitam yang dihadirkan di sini bercitarasa blackforest yang sangat menggugah selera. Martabak Blackpool berlokasi di Jalan Gandaria 1 No.47 Gandaria, Jakarta Selatan. Untuk jenis isiannya, cream cheese oreo menjadi yang paling favorit di sini. Selain itu masih ada rasa isian cokelat, kacang, cookies and cream, dan lain-lain. Untuk seporsi martabak hitam ini dibandrol dengan harga Rp 60.000 hingga Rp 105.000. Jam bukanya mulai dari pukul 17.00-23.00 malam. Martabak Blackpool juga memiliki cabang lainnya di Pantai Indah Kapuk, Tebet, Kelapa Gading, dan Beiji Depok.

2. Spaghetti Hitam di Wmiitem

Spaghetti Wmiitem (www.qraved.com)
Spageti hitam di Wmiitem (www.qraved.com)

Penyuka pasta? Kamu wajib mencoba spageti hitam yang ada di Wmiitem. Warna hitam yang ada di spageti Wmiitem ini berasal dari pewarna alami yakni tinta cumi. Tak hanya tintanya saja yang digunakan, namun daging cumi pun dimasukkan dalam adonan spageti yang dibuat homemade. Selain menyehatkan, warna hitam dari spageti ini tak akan meninggalkan bekas hitam kok di gigi atau mulut kamu. Wmiitem berlokasi di dalam mall Kokas alias Kota Kasablanka yang ada di Menteng Dalam. Tak hanya menu spageti saja yang bisa kamu santap di sini karena masih ada bakmi hitam serta mie ayam hitam yang juga banyak peminatnya.

3. Burger Hitam di Blacklisted

Burger Hitam di Blacklist (jakarta.panduanwisata.id)
Burger Hitam di Blacklist (jakarta.panduanwisata.id)

Burger hitam yang satu ini memang terlihat garang, tapi burger hitam Blacklisted sangat menyehatkan loh. Warna hitam yang ada pada roti burger ini terbuat dari bubuk arang yang aman untuk dikonsumsi dan sangat baik untuk tubuh. Burger hitam Blacklisted berisi dua tangkap roti buger hitam dengan isian beef patty, mozzarella, beef bacon, union rings, lettuce, dan mentimun yang disajikan dengan potato wedges dan salad sayuran. Buat kamu yang penasaran ingin coba burger hitam ini, kamu bisa datang langsung ke Blacklisted di Pondok Indah Mall 1, Puri Indah Mall, atau Lotte Shopping Avenue di Kuningan.

4. Hotdog di Dudes of Gourmet

Hotdog hitam di DOG (www.qraved.com)
Hotdog hitam di DOG (www.qraved.com)

Tak hanya burger saja yang bisa berwarna hitam. Kuliner cepat saji yang satu ini juga berwarna hitam loh. Bagi kamu anak muda Jakarta yang sering ke Pasar Santa di Senopati tentunya sudah tahu Dudes of Gourmet alias DOG yang menyajikan menu black hotdog yang sangat hits ini. Bahkan saking hitsnya, kamu harus rela antri untuk menyanyap hotdog hitam yang satu ini. Warna hitam roti hotdog ini berasal dari pewarna food grade dari Jepang sementara untuk sosisnya terbuat dari daging sapi muda yang bertekstur empuk serta beef bacon yang crunchy. Untuk satu porsi hotdog hitam ini kamu cukup merogoh kocek Rp 35.000 saja loh. DOG buka mulai pukul 11.00 siang hingga 22.00 malam.

5. Nasi Goreng Hitam di Thole Kitchen

Nasi Goreng Hitam di Thole Kitchen (food.detik.com)
Nasi Goreng Hitam di Thole Kitchen (food.detik.com)

Tak suka kuliner barat, kamu bisa mencoba nasi goreng hitam Thole Kitchen yang ada di Jalan Panglima Polim V. Meski hanya berjualan di gerobak, namun Thole Kitchen sangat terkenal sehingga jika kamu ingin makan di sini, kamu harus rela antri dulu ya JBers. Thole Kitchen khusus menyajikan menu nasi goreng, mulai dari nasi goreng pelangi yang berwarna hitam, merah, hingga nasi goreng hitam yang menggunakan campuran pewarna alami dari tinta cumi dan keluak hitam sehingga citarasa otentik khas Indonesianya tetap terjaga. Thole Kitchen buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 23.00 malam.

Bagaimana JBers? Kelima kuliner hitam di atas sangat menggoda bukan untuk segera kamu coba. Selamat berburu kuliner! (jow)