Ini 5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Selangit

Alat musik gitar merupakan alat musik yang paling sering kita lihat, baik di toko musik, maupun di video YouTube. Gitar ini juga banyak jenisnya, dari yang standar hingga yang dibuat khusus. Tak jarang juga ada gitar standar yang menjadi mahal ketika dipakai oleh musisi dunia. Dilansir dari Stringjoy, Selasa (26/7/2016), berikut adalah 5 gitar termahal di dunia dengan harga selangit.

1. 1964 Fender Stratocaster

1964 Fender Stratocaster (Vintageandrare)
1964 Fender Stratocaster (Vintageandrare)

Gitar buatan Fender ini sebelumnya merupakan milik musisi Bob Dylan dan dimainkan olehnya di Newport Folk Festival pada tahun 1965. Terkesan vintage, jelas gitar ini memiliki harga yang mahal. Gitar ini memiliki harga USD 965 ribu (sekitar Rp 13 miliar).

2. Gibson 1959 Les Paul Standard

Gibson 1959 Les Paul Standard (Vonbriggs)
Gibson 1959 Les Paul Standard (Vonbriggs)

Gitar ini merupakan gitar andalan gitaris band The Rolling Stone, Keith Richard. Dia sendiri mulai menggunakan gitar ini sejak tahun 1964. Bahkan selain Keith Richard, gitar ini juga digunakan oleh musisi tersohor dunia lainnya, seperti Eric Clapton atau Jimmy Page. Gitar ini dihargai USD 1,7 juta (sekitar Rp 23 miliar).

3. Washburn 22-Series Hawk

Washburn 22-Series Hawk (Stringjoy)
Washburn 22-Series Hawk (Stringjoy)

Gitar ini pernah digunakan oleh sang legenda musik reggae, Bob Marley. Gitar ini sendiri merupakan salah satu dari tujuh gitar milik Bob Marley, yang kemudian dijadikan aset negara oleh pemerintah Jamaika. Gitar ini dihargai USD 2 juta (sekitar Rp 27 miliar).

4. 1968 Fender Stratocaster

1968 Fender Stratocaster (Guitaraficionado)
1968 Fender Stratocaster (Guitaraficionado)

Jika sebelumnya ada gitar yang digunakan Bob Marley, maka gitar yang satu ini pernah dipakai oleh legenda musik blues rock, Jimi Hendrix. Gitar ini dikabarkan dibeli oleh salah satu petinggi Microsoft, Paul Allen, seharga USD 2,2 juta (sekitar Rp 29 miliar) pada tahun 1998.

5. Fender â??Reach Out To Asiaâ? Stratocaster

Fender â??Reach Out To Asiaâ? Stratocaster (Financesonline)
Fender â??Reach Out To Asiaâ? Stratocaster (Financesonline)

Fender “Reach out to Asia” Stratocaster, dilelang di Qatar pada 2005. Reach out to Asia adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu para korban tsunami yang melanda beberapa negara di Asia dan menelan banyak korban jiwa. Awalnya gitar ini dimiliki oleh salah seorang keluarga kerajaan Qatar yang kemudian disumbangkan untuk amal. Hal yang membuat harga gitar ini melambung adalah gitar ini memiliki tanda tangan musisi dunia seperti Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, hingga Paul McCartney. Harganya? Mencapai USD 3,7 juta (sekitar hampir Rp 50 miliar). (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Mengenal Alessandro Volta, Sang Penemu Baterai

Ima Matul, Wanita Asal Malang Korban Perbudakan yang Kini Jadi Dewan Penasihat Presiden Obama