Malang jadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Beragam jenis wisata, bisa kamu temukan di kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini. Tak hanya keindahan laut, gagahnya dan cantiknya gunung Bromo, wisata Batu Malang, tapi ada juga wisata religi, wisata kuliner atau wisata pedesaan yang unik.

Buat kamu penggemar wisata unik, harus banget singgah ke kampung ini. Kampung cantik penuh warna yang lagi jadi berita di kalangan anak muda Malang. Namanya Kampung Juanda, Jodipan. Setiap hari kampung ini kini dikunjungi ratusan wisatawan dari berbagai penjuru Nusantara.

hipwee.com

Sejak sebulan terakhir, kampung yang terletak di bantaran sungai, bawah jembatan rel kereta api, dan belakang pasar loak, ini mendadak menjadi indah. Aneka warna cat cerah yang mewarnai rumah warga, membuat tempat itu jadi lokasi wisata baru.

Warna cat yang mencolok menyita pandangan mata. Ada kuning, biru, pink, merah, hijau, dan beragam warna lainnya. Ini merupakan bagian dari program ‘Jodipan Warna-Warni’, salah satu produsen cat mewujudkan keinginan warga mengubah wajah perkampungan.

Instagram

Berawal dari ide Dinni Anggraeni, mahasiswa semester 6 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Terbentuknya kampung ini karena terinspirasi dari kampung yang ada di Rio De Janeiro, Brazil sana.

Pengecatan pun mendapat persetujuan warga yang ingin mengubah penampilan kampung. Setuju atau tidak permukiman di bantaran sungai akan selalu dipandang sebagai kawasan kumuh. Wilayah ini merupakan RW 02 terdiri dari tiga RT, yakni 06,07, dan 08, yang dihuni kurang lebih 105 Kepala Keluarga (KK). Nantinya, semua atap serta dinding rumah akan dicat sesuai keinginan pemilik rumah.

Kini kampung ini banjir wisatawan yang berburu foto. Bagaimana tidak, pemandangan perkampungan penuh warna, belum ada di Indonesia. Kamu tertarik berkunjung ke sana juga JBers?