Nama Imamatul Maisaroh (33) telah dikenal dunia. Perempuan asal Desa Kanigoro, Dusun Krajan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur itu menghebohkan masyarakat dunia, khususnya Indonesia saat menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris di hadapan Anggota Partai Demokrat Amerika Serikat, 26 Juli 2016, WIB. Immatul menjadi perwakilan dari anggota Dewan Penasehat Perdagangan Manusia dari Presiden Barrack Obama.

Dalam pidatonya, Imamatul memakai jas warna merah muda. Ia tampak lancar menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris dengan aksen Jawa, di hadapan para petinggi partai Demokrat.

Mantan TKW tersebut bercerita tentang dirinya yang bisa bertahan setelah menjadi korban perbudakan manusia. Ia juga berterimakasih kepada Presiden Obama karena telah memberi kepercayaan untuk bisa berpidato di sana.

Sesuai tujuan utama, Immatul juga menjelaskan beberapa program untuk menanggulangi dan memberantas adanya perbudakan dan perdagangan manusia. Ia menyerukan kepada semua orang untuk mengubah persepsi dan bersikap adil agar perbudakan tidak semakin meluas dan berdampak buruk.

Dalam video yang diunggan di youtube, 25 Juli 2016, oleh Indikator Malang TV,  Ima tampak berapi-api namun tetap santun saat berpidato. Usai berpidato, para petinggi partai Demokrat bertepuk tangan dan mengangguk-angguk.

Simak videonya di bawah ini.