Tak Cuma Kaum Adam, 5 Sutradara Wanita Indonesia Ini Sukses Mendunia

Ternyata, selain kaum adam, ada juga sutradara wanita Indonesia yang juga sukses mendunia selain sukses di negara sendiri. Siapa saja mereka? Berikut adalah 5 sutradara wanita Indonesia yang sukses mendunia, seperti dilansir dari Rulacoid, Rabu (27/7/2016).

1. Livi Zheng

Livi Zheng (Bengkuluexpress)
Livi Zheng (Bengkuluexpress)

Perempuan asal Blitar ini sukses masuk panggung Oscar karena filmnya “Brush With Danger” masuk dalam daftar 323 eligible film, yang memiliki kemungkinan untuk masuk nominasi Film Terbaik Oscar 2015. Setelah namanya muncul dalam Oscar, dia bahkan ditawari lebih dari 500 skenario untuk dijadikan film.

2. Nia Dinata

Nia Dinata (Clear)
Nia Dinata (Clear)

Sutradara film “Arisan!” ini sukses mendunia dan terkenal di Amsterdam, Belanda sejak menyutradarai film “Arisan! 2”. Setelah diputar di Amsterdam, film ini diputar juga di Los Angeles Asian Pacific Film Festival edisi ke-28, festival film bergengsi di Southern California dan San Fransisco, Amerika Serikat.

3. Lola Amaria

Lola Amaria (Tempo)
Lola Amaria (Tempo)

Perempuan cantik ini menerima penghargaan sebagai Sutradara Terbaik Film Indonesia di JIFFEST 2010. Film â??Minggu Pagi di Victoria Parkâ? (2010) adalah film yang mengantarkannya mendapat penghargaan pada FFI 2010 dan Piala Citra. Berkat film itu dan 3 film lainnya, yaitu “Negeri Tanpa Telinga”, “Sanubari Jakarta”, dan “Kisah Tiga Titik”, Lola berhasil dikenal di Amerika Serikat.

4. Mouly Surya

Mouly Surya (Maricari)
Mouly Surya (Maricari)

Film â??Fiksiâ? (2008) berhasil menobatkannya sebagai sutradara perempuan Indonesia pertama yang meraih Piala Citra FFI 2008. Tidak hanya itu, film yang berjudul â??What They Donâ??t Talk About When They Talk About Love (Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta)â? juga berhasil mengangkatnya menjadi salah satu sutradara perempuan kebanggaan Indonesia karena memperoleh berbagai penghargaan film yang mendunia, seperti Sundance International Film Festival di Amerika Serikat, Rotterdam International Film Festival di Belanda, Goteborg International Film Festival di Swedia, dan Hong Kong International Film Festival di Hongkong.

5. Kamila Andini

Kamila Andini (Bisnis)
Kamila Andini (Bisnis)

Sutradara perempuan dari film â??The Mirror Never Liesâ? (2011) ini berhasil meraih dua Piala Citra FFI 2011, Film Terpuji di Festival Film Bandung 2012, dan juga berbagai penghargaan dari festival film dunia seperti Mumbai International Film Festival 2011, Asia Pacific Screen Awards 2012 di Brisbane, Australia, serta dua nominasi Asian Film Awards 2012 di Hong Kong. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...