50s mic over stage light background.

Ada banyak penyanyi-penyanyi di belantika musik Indonesia yang memiliki kualitas suara berkelas internasional, beberapa merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat yang telah ada sejak awal dikenalnya stasiun televisi. Namun rupanya, ada beberapa dari penyanyi Indonesia bertalenta yang sudah sangat terkenal saat ini, dulunya gagal di ajang pencarian bakat. Berikut 5 di antaranya, seperti dilansir jadiBerita dari IDNTimescom, Kamis (28/7/2016).

1. Sammy Simorangkir

Sammy Simorangkir (Sammysimorangkir)
Sammy Simorangkir (Sammysimorangkir)

Ex-vokalis dari grup band Kerispatih ini bernama lengkap Hendra Samuel Simorangkir. Awalnya dia mengikuti ajang “Indonesian Idol” musim pertama, namun tidak lolos hingga ke babak spektakuler. Tak lama kemudian, pria berdarah Batak ini bergabung dengan Kerispatih pada tahun 2003. Sejak saat itu nama Kerispatih membawa Sammy menjadi salah satu dari jajaran vokalis pria terbaik Indonesia dengan menelurkan 5 album yang seluruhnya berpredikat “best-selling”. Kini Sammy sedang menikmati solo kariernya dan tidak terpikirkan untuk bergabung dengan band lagi.

2. Zian Zigaz

Zigaz (Clear)
Zigaz (Clear)

Zian adalah vokalis grup musik rock Zigas, yang bernama asli Yanuar Dwi Pratama. Sebelumnya, Zian mengikuti ajang “Indonesian Idol” dan tidak lolos hingga ke babak spektakuler. Di band Zigaz, ia berhasil mengangkat pamornya di dunia musik Indonesia melalui karya yang cukup lama merajai tangga lagu berjudul “Sahabat Jadi Cinta”. Sebelum sukses dalam dunia musik, Zian mengalami hidup penuh perjuangan sebagai office boy, pengamen, penyanyi kafe bahkan pegawai keamanan.

3. Afgansyah Reza

Afgan (Clear)
Afgan (Clear)

Afgansyah Reza alias Afgan sempat tidak lolos ke babak spektakuler di ajang “Indonesian Idol”. Namun melalui studio rekaman WannaB, hasil rekaman koleksi pribadinya berhasil membuatnya ditawari rekaman yang lebih profesional oleh produsernya langsung. Lagu yang dinyanyikannya ternyata bertahan merajai tangga lagu Indonesia selama beberapa waktu berturut-turut dimulai dari “Terima Kasih Cinta”. Hingga akhirnya Afgan semakin terkenal sampai mencoba ke dunia akting melalui film layar lebar dan kini menjadi salah satu juri utama di “X-Factor Indonesia” mulai musim kedua.

4. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano (Verifiedvidies)
Vidi Aldiano (Verifiedvidies)

Vidi Aldiano terlahir dengan nama Oxavia Aldiano. Vidi sempat mengikuti ajang “Indonesian Idol” namun tidak lolos ke babak spektakuler. Akhirnya pada tahun 2009 produser musik Lala Hamid tergerak untuk memproduseri single Vidi, setelah terpukau akan penampilan Vidi dalam sebuah kesempatan. Setelah itu, pihak Trinity Optima Production menerima Vidi untuk merilis album keduanya. Ia merilis album “Yang Kedua” dengan hits “Datang dan Kembali” dan “Gadis Genit”. Lagu “Lupakan Mantanmu” juga membuatnya makin terkenal.

5. Cakra Khan

Cakra Khan (Clear)
Cakra Khan (Clear)

Pria ini bernama lengkap Cakra Konta Paryaman. Suaranya yang serak, berat tapi punya jangkauan vokal yang luas ini menjadi ciri khas karakter Cakra Khan. Namun ternyata, dia sempat tidak lolos ke babak spektakuler di “Indonesia Idol”. Kariernya melejit di dunia musik setelah merilis lagu utamanya yang berjudul “Harus Terpisah” pada tahun 2012. Lagu “Harus Terpisah” menjadi populer di kalangan masyarakat dan menjadi hits dalam waktu yang relatif singkat. (tom)