Bandara (www.huffingtonpost.com)

Kamu sering traveling dengan menggunakan transportasi pesawat? Traveling dengan menggunakan pesawat memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan menggunakan transportasi lainnya seperti mobil, kereta api, atau kapal laut. Selain bisa menjangkau ke berbagai negara, bepergian dengan pesawat juga sangat menghemat waktu. Jika kamu sering melakukan perjalanan dengan pesawat, kamu harus tahu etika-etika yang harus kamu jaga saat sedang di bandara seperti lima etika di bawah ini:

1. Selalu Bersikap Sopan

Berteriak pada Petugas (betweenusparents.com)
Berteriak pada Petugas (betweenusparents.com)

Terkadang antrian di bandara bisa membuat kamu naik darah sehingga kehilangan kontrol seperti berteriak kepada petugas saat pesawat delay atau berteriak kepada orang yang antri di depan kamu agar mempercepat langkah. Dengan tidak berteriak akan membuat kamu terlihat lebih sopan terhadap orang lain. Coba saja kamu bayangkan kalau kamu berteriak di bandara luar negeri atau internasional, kamu tak ingin dicap sebagai turis Indonesia yang tak tahu diri khan?

2. Selalu Siap untuk Digeledah

Selalu Siap Digeledah (theintercept.com)
Selalu Siap Digeledah (theintercept.com)

Penggeledahan di bandara bukanlah hal yang asing lagi. Penggeledahan ini biasa dilakukan sebagai bentuk keamaan bandara terhadap penggunanya. Oleh karena itu, kamu harus selalu siap untuk digeledah. Pastinya barang-barang terlarang seperti benda tajam jangan sampai kamu bawa ya!

3. Selalu Tepat Waktu

Tepat Waktu (www.cnbc.com)
Tepat Waktu (www.cnbc.com)

Masyarakat Indonesia terkenal dengan budayanya yang jam karet alias tidak tepat waktu. Buang jauh-jauh budaya ngaret seperti itu ya JBers! Pihak bandara menyediakan ruang tunggu bukan tanpa alasan. Ruang tunggu sengaja dibuat untuk penumpang pesawat agar mereka bisa datang lebih awal untuk menunggu datangnya pesawat sesuai waktu yang sudah ditentukan.

4. Selalu Berpakaian Rapi

Berpakaian Rapi (fashionmuses.com)
Berpakaian Rapi (fashionmuses.com)

Bandara adalah ruang publik di mana ada banyak sekali orang yang berlalu lalang. Oleh karena itu selalu gunakan pakaian yang rapi, sopan, dan tidak mencolok. Dengan berpakaian rapi, kamu akan lebih dihargai oleh pihak bandara dan maskapai penerbangan. Coba saja kamu bayangkan jika kamu berpakaian mencolok dan tidak sopan, kamu pasti akan menjadi pusat perhatian umum dan hal itu akan membuat kamu merasa risih.

5. Gunakan Fasilitas Bandara Seperlunya

Tempat Mencharger Gadget (www.nbcnews.com)
Tempat Mencharger Gadget (www.nbcnews.com)

Ada banyak fasilitas bandara yang bisa kamu gunakan seperti fasilitas pengisian baterai ponsel. Jangan sampai kamu menggunakannya berjam-jam selama menunggu pesawat sementara kamu tahu kalau ada banyak orang yang sedang mengantri untuk memakai fasilitas tersebut.

Sudah tahu khan lima etika wajib yang harus kamu patuhi di bandara saat hendak bertraveling. Satu lagi nih JBers, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bandara ya, buanglah selalu sampah pada tempatnya sehingga bandara yang kamu datangi tetap terjaga kebersihannya. (jow)