Video Game Pertama di Dunia yang Bikin Kamu Kangen Masa Kecil


Berbicara tentang game, saat ini sudah tersedia berbagai judul game dari macam-macam platform, seperti misalnya mesin PlayStation, komputer, hingga ponsel Android atau iOS milikmu. Namun tahukah kamu video game apa yang pertama kali dibuat di dunia?

Rupanya, judul game yang pertama dibuat di dunia adalah “Spacewar”. Sesuai judulnya, game ini mengharuskan pemainnya untuk saling menghancurkan pesawat luar angkasa. Game ini dibuat lebih dari 50 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 14 February 1965, oleh seseorang yang bernama Steve Russell.

Steve Russell (Mygaming)
Steve Russell (Mygaming)

“Spacewar” dibuat di komputer mini PDP-1 oleh tim pengembang yang termasuk Martin Graetz, Pete Simson dan Dan Edwards. Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk mengubah persepsi kebanyakan orang yang menganggap komputer hanyalah dipergunakan untuk kerja serius.

Dilansir dari Efy Times, Senin (1/8/2016), cara kerja dari game ini sangat sederhana jika dibandingkan dengan game yang sudah tersedia saat ini. Dua pemain bisa main game dengan mengambil kontrol dari sebuah pesawat ruang angkasa mencoba untuk menghancurkan satu sama lain.

“Spacewar” juga memiliki fitur yang sangat unik yang disebut Hyperspace. Dengan memasukkan Hyperspace, pengguna bisa pindah ke lokasi acak pada layar. Tetapi resiko meledak selalu ada jika digunakan terlalu sering.

Dalam perkembangannya, “Spacewar” juga diadaptasi ke mesin-mesin komputer lainnya dengan judul yang berbeda, meskipun konsep permainannya sama, yaitu “Orbitwar”, “Space War” (dengan spasi), hingga “Star Control”.

Untuk lebih jelas mengenai permainannya, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak