Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mulai mengampanyekan kegiatan Malam Langit Gelap. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan pada 6 Agustus pada pukul 20.00-21.00 WIB.

Pada malam tersebut, Ketua LAPAN, Thomas Djalaluddin, berharap agar masyarakat dapat mematikan semua lampu di luar ruangan selama satu jam. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi polusi cahaya.

Thomas Djalaluddin (Liputan6)
Thomas Djalaluddin (Liputan6)

Dikutip dari akun Facebook-nya, Malam Langit Gelap diusulkan untuk adakan saat kemarau dan dipilih setiap tanggal 6 Agustus, sebagai Hari Keantariksaan yang dicanangkan LAPAN juga. Tidak perlu sepanjang malam, cukup satu jam saja menurutnya.

Nantinya, di Malam Langit Gelap akan dimulai dari semua fasilitas LAPAN dengan kegiatan nonton bareng keindahan langit tanpa lampu. Kalau mungkin, LAPAN akan mengajak Malam Langit Gelap se-Bandung Raya atau se-Bandung Barat (lokasi Observatorium Bosscha) dan mengajak masyarakat untuk melihat keindahan langit tanpa lampu.

“Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan,” kata Thomas Djamaluddin seperti dikutip dari Okezonecom, Selasa (2/8/2016).

Pada momen tersebut, masyarakat berkesempatan untuk melihat beberapa rasi bintang yang jarang terlihat di malam-malam biasa.

“Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan segitiga musim panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa, yakni Vega, Deneb, dan Altair. Di langit selatan kita melihat rasi layang-layang atau salib selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah selatan. Hampir di atas kepala, kita dapat saksikan rasi kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares,” lanjutnya.

Malam bertabur bintang (Onetwogomagz)
Malam bertabur bintang (Onetwogomagz)

Kegiatan ini mirip seperti Earth Hour, yang juga mengajak masyarakat mematikan lampu selama satu jam. Hanya saja, kampanye hemat energi ini mungkin kurang menarik, karena dianggap tidak nyaman di dalam rumah tanpa lampu. Namun, menurut Thomas, kalau Malam Langit Gelap dilakukan secara serentak, orang-orang akan ke luar rumah menikmati langit malam yang indah, sehingga akan banyak yang berminat mematikan lampu satu jam saja. Selain menghemat energi, kita juga bisa melihat keindahan langit dan melindungi Bumi. (tom)