Ini Mesin Pencari Pertama di Dunia Sebelum Hadirnya Google


Bagi kamu yang sering menggunakan internet, jelas sudah akrab dengan yang namanya mesin pencari seperti Yahoo atau AOL yang dirilis pada tahun 1994 dan Google yang rilis pada tahun 1998. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata sebelum diciptakannya mesin pencari yang telah disebutkan tadi, ada mesin pencari pendahulunya, yang merupakan mesin pencari pertama di dunia?

Mesin pencari pertama di dunia ini dikenal dengan nama Archie. Mesin pencari ini sudah cukup tua, umurnya sekitar 26 tahun. Dan Archie tidak melakukan update setelah dua dekade. Mesin pencari ini menawarkan pengalaman pencarian yang sangat berbeda dengan mesin pencari lainnya. Walau sudah jadul, tetap saja beberapa sistem yang digunakan dalam mencari tetap berguna digunakan saat ini.

Tampilan Archie (Dumetschool)
Tampilan Archie (Dumetschool)

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, Archie diambil dari Archive karena mengikuti standar penamaan Unix. Nama ini berasal dari Alan Emtage yang pada saat itu kuliah di McGill University di Montreal, AS. Alan menciptakan nama ini pada tahun 1990, ketika World Wide  Web belum ada saat itu ada banyak network kecil yang dijadikan tempat untuk hosting file.

Alan Emtage (Huffingtonpost)
Alan Emtage (Huffingtonpost)

Mesin pencari ini merupakan mesin pencari sederhana yang membuat index dari daftar server FTP yang bisa dia temukan. Dengan begini, pengguna bisa menemukan file untuk umum yang bisa mereka unduh. Ini cara yang bagus untuk menemukan file karena sebelumnya orang menemukan file hanya dari mulut ke mulut saja.

Salah satu tempat yang masih menyediakan mesin pencari ini sebagai mesin pencari adalah Universitas Warsaw di Polandia. Dengan mesin pencari ini kamu bisa mencari file publik di server FTP serta website-website regular Polandia. Dengan mesin pencari ini, yang paling banyak dicari orang adalah file-file linux karena file Linux yang didapat dari ini adalah file Linux yang masih belum tercemar update atau perubahan (default).

Tampilan Archie (Plimbi)
Tampilan Archie (Plimbi)

Di dalam mesin pencarian ini, ada tombol More Result, yang bila diklik memberikan hasil pencarian terbanyak sebelumnya. Namun hasil telusuran yang muncul itu adalah hasil yang belum update, karena terakhir di-update pada tahun 2001.

Paling tidak, kita harus bersyukur dengan diciptakannya Archie ini. Karena jika tidak, maka Google atau Yahoo mungkin tak akan pernah ada. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak