5 Rahasia Hindari Rasa Takut Naik Pesawat Buat Kamu yang Doyan Jalan-Jalan

Berpergian dengan pesawat merupakan salah satu cara tercepat agar bisa sampai di tempat tujuan. Selain sebagai cara tercepat, pesawat juga bisa menjangkau negara mana yang ingin kamu kunjungi untuk traveling. Meski begitu, bepergian dengan pesawat terkadang membuat beberapa orang takut. Takut akan bahaya yang akan mereka hadapi saat sedang terbang dan menyerahkan nyawa sepenuhnya pada sang pilot. Tak perlu takut naik pesawat JBers, karena JadiBerita punya lima cara jitu untuk menghilangkan rasa takut kamu saat naik pesawat, yaitu:

Anggap Sebagai Kebiasaan

Sering Berpergian dengan Pesawat (www.cheapflights.com)
Sering Berpergian dengan Pesawat (www.cheapflights.com)

Pernahkah kamu merasa takut saat naik mobil atau motor? Kebanyakan orang tak pernah merasa takut saat naik kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa menaiki kendaraan tersebut, bahkan menggunakan setiap hari. Orang-orang yang sudah sering menggunakan pesawat, biasanya tingkat ketakutannya akan berkurang karena sudah terbiasa. Jadi, disarankan buat kamu agar lebih sering menggunakan pesawat saat bertraveling agar kamu juga terbiasa.

Fokus Pada Pernapasan

Latihan Pernapasan (www.stresshack.com)
Latihan Pernapasan (www.stresshack.com)

Pernafasan juga bisa kamu jadikan kekuatan untuk menghilangkan rasa takut saat naik pesawat. Cobalah untuk latihan meditasi atau latihan pernapasan sebelum naik pesawat agar kamu bisa meredakan rasa panik dan cemas yang bisa menambah tingkat ketakutan kamu. Cara melatih pernafasan adalah tarik napas panjang, hirup dan isi paru-paru kamu dengan udara lalu hempaskan perlahan. Lakukan hal tersebut berulang-ulang kali.

Edukasi Diri Sendiri

Mengedukasi Tentang Pesawat (www.northernsound.ie)
Mengedukasi Tentang Pesawat (www.northernsound.ie)

Pengetahuan adalah kekuatan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa takut. Dengan mempelajari soal pesawat, siapa penemunya, bagaimana cara merakitnya, bentuk-bentuknya, hingga pola penerbangannya, kamu bisa mengatasi keragu-raguan untuk naik pesawat karena kamu tahu kalau naik pesawat itu juga aman.

Menghipnotis Diri Sendiri

Menghipnotis Diri Sendiri (blog.opodo.co.uk)
Menghipnotis Diri Sendiri (blog.opodo.co.uk)

Siapa bilang kamu tak bisa menghipnotis diri sendiri? Rasa takut juga bisa dihilangkan dengan hipnotis loh. Hipnotis yang dimaksud ini bukan seperti hipnotis ala sulap-sulap kebanyakan. Menghipnotis diri sendiri lebih kepada mensugesti hal-hal baik yang akan terjadi sehingga hal-hal buruk yang kamu pikirkan akan hilang seperti rasa takut saat naik pesawat. Misalnya kamu bisa membayangkan hal-hal menarik apa saja yang bisa kamu lakukan saat sudah sampai di tempat tujuan, betapa serunya nanti perjalanan traveling kamu, hingga usaha menabung kamu untuk dapat melakukan traveling ini.

Kenali Rasa Panik

Kenali Rasa Panik (www.webmd.com)
Kenali Rasa Panik (www.webmd.com)

Jika sudah terlanjur naik pesawat dan rasa takut masih saja belum hilang, malah rasa takut membuat kamu panik, kamu harus mengendalikannya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menerima rasa panik tersebut dan melawannya. Lari dari emosi kepanikan malah akan membuat semakin buruk. Pahami rasa panik kamu. Tidak mudah memang, tapi kamu harus berkata pada diri sendiri kalau kamu pasti bisa melaluinya.

Semoga lima cara di atas bisa menghilangkan rasa takut kamu naik pesawat ya JBers. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum naik pesawat agar selalu selamat sampai di tujuan. Happy traveling!

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...