Apa yang terbersit dalam pikiran kamu saat mendengar drama Korea? Pasti yang terbayang adalah kisah cinta penuh dengan romance yang penuh dengan air mata. Tapi tahukah kamu kalau Korea ternyata juga punya drama detektif yang bisa memicu adrenalin serta mengasah pikiran kamu. Drama detektif Korea yang dihadirkan tentunya akan membuat kepala kamu berpikir layaknya seorang detektif ternama seperti Sherlock Holmes karena kasus-kasus yang disajikan tidaklah mudah untuk dipecahkan. Ditambah lagi unsur action, crime, serta thriller yang dihadirkan bisa menambah ketegangan kamu. Nah, JadiBerita sudah menyiapkan lima drama detektif Korea terbaik di bawah ini yang bisa bikin kamu jadi Sherlock Holmes. Mari kita lihat listnya JBers!

1Signal

Signal (asianwiki.com)

Di urutan pertama JadiBerita punya Signal yang menyandang predikat sebagai drama detektif terbaik di Korea. Drama berjumlah 16 episode ini bercerita tentang dua orang detektif di waktu berbeda yang berkomunikasi lewat walkie talkie. Park Hae Young (Lee Je Hoon) adalah seorang detektif profiler pada masa sekarang yang berkomunikasi dengan Lee Jae Han (Cho Jin Woong), seorang veteran detektif di tahun 2000. Mereka berdua bekerja sama untuk memecahkan kasus yang bertahun-tahun tak terpecahkan dan ditinggalkan begitu saja oleh kepolisian karena tidak ada bukti serta petunjuk. Kasus-kasus yang dihadirkan kebanyakan adalah kasus-kasus nyata alias based on true story yang terjadi di Korea Selatan. Seru bukan?

2Gap Dong

Gap Dong (asianwiki.com)

Drama detektif Korea terbaik di urutan nomer dua adalah Gap Dong yang berjumlah 20 episode. Drama detektif ini terinspirasi dari kisah nyata â??Hwaseong serial murder caseâ?? yang menghebohkan Korea Selatan di tahun 1986-1991. Selama periode waktu tersebut, sepuluh wanita terbunuh di daerah Hwaseong dan tersangkanya hingga saat ini tidak dapat ditemukan. Dalam drama Gap Dong, dua detektif yakni Ha Moo Yeom (Yoon Sang Hyun) dan Yang Chul Gon (Sung Dong Il) berusaha keras untuk menangkap sang pembunuh psikopat tersebut dengan satu petunjuk, yakni siulan khas si pembunuh yang tak bisa ditirukan siapapun. Apakah akhirnya mereka berdua bisa menemukan sang pembunuh psikopat? Tonton saja ya JBers!

3Missing Noir M

Missing Noir M (asianwiki.com)

Drama detektif berjumlah 10 episode yang satu ini memang berbeda dengan drama detektif kebanyakan yang menangani kasus pembunuhan atau perampokan. Detektif yang ada di Missing Noir M khusus menangani kasus kehilangan orang dan juga penculikan karena biasanya kedua kasus tersebut dianggap remeh oleh pihak kepolisan. Padahal kasus kehilangan dan penculikan orang biasanya berujung pada kasus pembunuhan. Gil So Hyun (Kim Kang Woo) merupakan agen FBI yang kembali ke Korea setelah 10 tahun. Ia memimpin Special Missing Persons Unit bersama dengan detektif Oh Dae Young (Park Hee Soon) dan Jin Seo Joon (Jo Bo Ah) seorang hacker handal demi menemukan orang hilang.

4Special Affairs Team TEN

Ten (asianwiki.com)

Special Affairs Team TEN atau yang lebih dikenal dengan TEN adalah drama detektif Korea yang khusus memfokuskan pada kasus kekerasan alias violent crimes. Yeo Ji Hoon (Ji Sang Wook) adalah seorang mantan detektif ternama yang kini bekerja sebagai professor di sebuah universitas. Ia dipanggil lagi oleh kepolisian untuk menjadi leader di Special Affairs Team TEN. Dalam menangani kasus, ia dibantu oleh tiga anggota timnya yakni Nam Ye Ri (Jo An) yang sangat ahli beladiri, Bae Do Sik (Kim sang Ho) seorang veteran detektif, dan Park Min Ho (Choi Woo Sik) seorang hacker kepolisian. Drama detektif yang meraih popularitas ini bahkan dibuat hingga dua sekuel loh JBers.

5Cheo Yong

Cheo Yong (asianwiki.com)

Di urutan terakhir, JadiBerita punya Cheo Yong. Drama detektif ini bercerita tentang seorang detektif bernama Yoon Cheo Yong yang memiliki kekuatan superanatural yakni bisa melihat hantu. Selain berbicara langsung dengan arwah korban, ia juga dibantu seorang hantu siswa perempuan bernama Han Na Young (Jun Hyo Seong) dalam memecahkan kasus-kasus yang diberikan ke divisinya. Sama seperti drama Special Affairs Team TEN, Cheo Yong juga dibuat dua sekuel karena banyak peminatnya.

Dari kelima drama detektif Korea terbaik di atas, kira-kira mana yang akan langsung kamu tonton JBers? Saat menonton, jangan lupa untuk menyiapkan notes untuk mencatat petunjuk-petunjuk yang diberikan agar kamu bisa memecahkan kasusnya seperti Sherlock Holmes ya JBers!