Indonesia merupakan negara yang dijuluki The Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Hal ini dikarenakan Indonesia berada di antara wilayah seismik paling aktif di dunia. Hingga saat ini, Indonesia tercatat memiliki sekitar lebih dari 130 gunung berapi aktif loh JBers. Jadi tak heran jika hobi naik gunung sangat popular di Indonesia, terutama di kalangan anak mahasiswa. Ada banyak manfaat yang kamu dapat dari hobi naik gunung seperti menantang keberanian diri, menguji kesabaran hingga sampai di puncak, dan yang paling utama adalah merefreshing pikiran kamu karena pemandangan dari atas puncak gunung benar-benar akan membuat kamu takjub. Kali ini JadiBerita akan merekomendasikan lima gunung di Indonesia yang paling sering didaki oleh mahasiswa. Tunggu apalagi, yuk lihat kelima daftarnya!

1Gunung Papandayan

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat ini menempati urutan pertama dalam daftar gunung yang paling banyak didaki mahasiswa. Pasalnya Gunung Papandayan ini memiliki medan yang cukup aman untuk pendaki pemula. Keunikan dari Gunung Papandayan ini terletak pada bagian kawahnya, yaitu di mana sebagian besar kawah dapat terlihat setelah kamu bisa mendaki hingga puncak. Basecamp yang biasanya digunakan untuk berkemah pun tepat berada di bagian bawah kawah. Banyaknya uap yang keluar dari kawah membuat pemandangan di sekitarnya menjadi sangat indah. Selain itu Gunung Papandayan juga memiliki hutan mati dan padang bunga Edelweiss yang banyak diburu pendaki untuk mengabadikan foto bersama teman-teman.

2Gunung Kerinci

Gunung yang berada di Jambi ini tercatat sebagai gunung berapi aktif tertinggi yang ada di Asia Tenggara, yakni setinggi 3.805 meter dari permukaan laut sehingga memiliki medan mendaki yang cukup berat. Gunung Kerinci menghadirkan pemandangan yang sangat indah baik itu dari bagian atas maupun kaki gunungnya. Di bagian atasnya kamu akan menemukan banyak batu berwarna kemerahan dan di bagian kaki gunung, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan teh segar. Gunung ini juga menjadi rumah bagi spesies hewan Harimau dan Badak Sumatera yang terancam punah.

3Gunung Semeru

Tak jauh berbeda dengan Gunung Kerinci, Gunung Semeru di Jawa Timur yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini juga memiliki medan mendaki yang cukup berat. Dari basecamp untuk tempat berkemah terakhir, jalur mendaki masih relatif mudah dengan kemiringan normal, tapi setelah mencapai titik terakhir yaitu sekitar 500 meter dari puncak gunung, kamu akan menemukan jalan berbatu yang penuh pasir serta tanjakan yang sangat curam. Beratnya medan yang harus didaki ini tentunya akan terbayar saat kamu sampai di puncak Gunung Semeru karena pemandangannya akan membuat kamu takjub loh JBers. Dari atas puncak ini kamu juga akan menemukan ledakan kecil dari aktifitas vulkanik yang disebut â??Wedus Gembelâ??.

4Gunung Bromo

Jika kamu tak sanggup mendaki Gunung Semeru, kamu bisa beralih haluan untuk mendaki Gunung Bromo yang letaknya tak jauh dari Gunung Semeru. Gunung Bromo terkenal sebagai permatanya Jawa Timur karena menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Dari atas ketinggian 2.780 meter dari atas laut, kamu bisa melihat indahnya matahari terbit yang berlatarkan Gunung semeru. Untuk mencapai ketinggian tersebut, tentunya kamu harus melewati padang pasir yang dijuluki pasir berbisik dengan berjalan kaki atau naik kuda sejauh 1,5 km sebelum menaiki anak tangga yang berjumlah 250 buah. Tapi tenang saja, semua usaha kamu akan terbayar dengan perasaan lega dan bangga karena telah berhasil menaklukkan Gunung Bromo hingga ke puncak.

5Gunung Rinjani

View this post on Instagram

Can't stop the feeling JT

A post shared by A Fiskus With Wanderlust (@mistersuu) on

Di urutan terakhir ada Gunung Rinjani yang didaulat menjadi gunung berapi paling indah di Indonesia. Kenapa dikatakan indah? Karena selain memiliki danau kawah yang sangat indah, Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Timur ini menawarkan pesona alam lainnya seperti padang savana yang akan kamu lewati jika kamu memilih jalur rute Sembalun dan hutan hujan tropis jika kamu memilih rute Senari. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Danau Segara Anak sambil menatap gunung berapi kecil di dekat Gunung Rinjani, yakni Gunung Baru.

Sudah tahu ingin mendaki gunung yang mana? Sebelum mendaki gunung, persiapkan stamina tubuh serta peralatan mendaki yang lengkap ya JBers! (jow)