Berbagai genre film hadir untuk menghibur kita semua, mulai dari genre action, horor, komedi, hingga komedi romantis. Beberapa film komedi romantis ini bahkan memiliki pengaruh yang kuat terhadap film-film lainnya yang bergenre serupa. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 film komedi romantis paling berpengaruh sepanjang masa.

1. When Harry Met Sally

Film ini merupakan sebuah terobosan bagi genre komedi romantis, sebuah jembatan dari film romantis klasik seperti “The Graduate” atau “Breakfast At Tiffanyâ??s” menuju film komedi romantis tahun 90-an dan 2000-an yang lebih akrab dengan kita. Jokes, dialog dan ide cerita dari film yang dibintangi oleh Meg Ryan dan Billy Crystal ini cukup menginspirasi dan banyak dijadikan sebagai referensi bagi banyak film serupa yang rilis setelahnya.

2. Pretty Woman

Film ini bisa dibilang “Ada Apa dengan Cinta”-nya Hollywood, karena hampir semua penduduk AS pada era 70an hingga 80an pernah menonton film ini. Dengan Julia Roberts dan Richard Gere tokoh utamanya, film ini masih menyenangkan untuk ditonton bahkan sampai sekarang. Film dengan ide cerita tentang naik turunnya hubungan 2 orang dengan latar belakang yang sangat berbeda ini pun menjadi salah satu standar tolak ukur bagi film-film bergenre komedi romantis yang akan datang.

3. 50 First Dates

Plot twist yang bagus dipenuhi dengan komedi-komedi yang juga melibatkan singa laut ini benar-benar bisa bikin ketawa namun juga terharu. Adam Sandler, meskipun banyak disebut oleh kritikus film sebagai aktor yang kurang mumpuni, namun film-filmnya seperti “The Wedding Singer” atau “Anger Management” mempunyai remark tersendiri, dan film “50 First Dates” ini mungkin menjadi salah satu kalau film terbaiknya.

4. 500 Days of Summer

Film ini menunjukkan bahwa cinta bisa mengubah perilaku seseorang. Ketika lagi jatuh cinta, karakter Tom yang diperankan oleh Josep Gordon-Levitt sangat terinspirasi dengan kebahagiaannya bahkan sampai bisa bikin quote â??I Love Usâ?. Dan ketika lagi patah hati kita juga dikasih liat betapa desperate-nya Tom sampai hangover berhari-hari, seolah tak peduli sama hidupnya, kerjaannya, piring dapurnya. Dia bahkan menyerang rekan kerjanya dengan kritik yang pedas. Alur yang lompat-lompat juga jadi salah satu faktor yang menjadikan film ini berkesan.

5. The Devil Wears Prada

“The Devil Wears Prada” mungkin salah satu dari sedikit film dengan genre komedi romantis yang tak melulu mengangkat hubungan cowok-cewek sebagai konflik utama, dan membuktikan kalo tanpa itu pun film ini masih bisa punya nilai lebih. Ditambah lagi, keduanya diperankan oleh aktris pemenang Oscar sekelas Anne Hathaway dan Meryl Streep, sehingga karakternya benar-benar â??hidupâ??. (tom)