Mungkin kamu pernah atau sering menaiki pesawat dan kapal laut. Namun pernahkah kamu menaiki pesawat dan kapal yang mendapat predikat terbesar di dunia? Pesawat terbesar di dunia ini bernama The Airlander 10, sedangkan kapal pesiar terbesar di dunia bernama Harmony of the Seas.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (9/8/2016), The Airlander 10, atau julukannya Flying Bum, terlihat meninggalkan hanggar di Cardington, Bedfordshire, Inggris pada hari Sabtu pekan lalu untuk menjalani serangkaian tes. Butuh waktu sekitar lima menit untuk membawa The Airlander 10 keluar dari hanggar karena jarak dari sayap ke sisi pintu hanggar hanya menyisakan enam meter. Sementara itu, butuh waktu sekitar 30 menit bagi pesawat raksasa ini untuk ditarik dan ditempatkan di lokasi uji coba.

The Airlander 10 (Daily Mail)
The Airlander 10 (Daily Mail)

Pembuatan The Airlander 10 yang berlangsung selama 10 tahun ini menelan biaya sebesar 25 juta pound sterling. Pesawat ini memiliki panjang 92 meter dan dipompa dengan jutaan kaki kubik helium.

Pesawat ini berukuran 15 meter lebih besar dibanding dengan jet penumpang terbesar. Pada awalnya, The Airlander 10 dikembangkan pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai pesawat pengintai dengan daya mengudara yang lama, namun gagal dilaksanakan menyusul pemotongan anggaran pertahanan.

The Airlander 10 (Daily Mail)
The Airlander 10 (Daily Mail)

The Airlander 10 dirancang untuk dapat mengudara hingga lima hari. Di samping berperan untuk memenuhi berbagai komunikasi dan melakukan survei, kapal terbang ini juga dapat membawa kargo dan penumpang.

Sementara itu, kapal terbesar di dunia, Harmony of the Seas, memiliki berat 227 ribu ton dan panjang 362 meter, 100 meter lebih panjang daripada kapal pesiar fenomenal Titanic. Sebagai perbandingan lainnya, kapal ini berukuran empat kali lebih besar dari lapangan sepakbola dan mampu menampung 6.780 penumpang, 2.100 awak kapal yang berasal dari 77 negara.

Harmony of the Seas (Businessinsider)
Harmony of the Seas (Businessinsider)

Bukan hanya panjang, Harmony of the Seas juga memiliki 10 lantai, sehingga bisa juga menjadi kapal pesiar tertinggi di dunia, ditambah dengan fasilitas memukau dimana ada 18 dek, 23 kolam renang, 20 restoran, bioskop dengan 1.300 kursi, 52 jenis pohon, sebuah taman besar dengan 10.587 jenis tanaman, surfing simulator, robot bartender, kasino termewah, mal, serta dinding panjat. Yang paling unik adalah adanya The Ultimate Abyss, sebuah pipa luncur berwarna magenta yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin meluncur dari lantai 10 ke ground floor hanya dalam waktu 12 detik.

Kapal supermewah yang dirancang oleh STX France Saint Nazaire ini mulai dibuat sejak bulan Desember 2012 dan memakan waktu selama 32 bulan untuk menyelesaikannya. Untuk bisa menaikinya, kamu bakal dikenakan biaya tiket sebesar Rp 17 juta untuk satu minggu perjalanan kelas ekonomi bisnis, dan Rp 53 juta untuk kelas eksekutif.

Yang mana yang bakal kamu naiki? (tom)