Pria penderita tuna netra bernama Wesseh Freeman (37), alias Weesay asal Liberia menjadi sensasi di dunia maya berkat keahliannya dalam bermusik yang mengesankan sekaligus unik, yang belum tentu semua orang bisa melakukannya. Pasalnya, dia bermain gitar buatannya sendiri yang terbuat dari kaleng bekas.

Dilansir dari Guitar World, Rabu (10/8/2016), gitar buatan Weesay itu fret-nya terbuat dari jeruji sepeda. Meski demikian, gitar dari kaleng bekas tersebut masih berfungsi layaknya gitar normal.

Weesay (Mdig)
Weesay (Mdig)

Berprofesi sebagai pengamen, keterampilannya memetik gitar buatannya itu menarik perhatian Nikhil dan Sachin Ramchandani, pemilik O! Chip, sebuah perusahaan keripik kentang di Liberia. Mereka kemudian meminta Weesay untuk membuatkan jingle untuk produk mereka. Hasilnya, setelah klip video diposting di YouTube, hanya dalam beberapa menit langsung menjadi viral.

Setelah klip video Weesay menjadi populer di dunia maya, nasib baik pun menghampirinya. Salah seorang penggemar Weesay dari Amerika Serikat membelikannya sebuah gitar sungguhan bergaya Ovation. Beberapa warga setempat juga berkampanye mengumpulkan dana untuk mengobati penglihatannya, serta membelikan Weesay rumah.

Ingin melihat aksi Weesay? Langsung tonton video berikut ini.

(tom)