Jared Leto. Vokalis band 30 Seconds to Mars yang juga seorang aktor ini kembali membuktikan jika dirinya layak disebut sebagai aktor serba bisa. Kali ini, Leto memerankan dirinya sebagai Joker.

Joker adalah salah satu musuh bebuyutan Batman. Dia adalah seorang psikopat cerdik dengan perangai aneh yang bisa membuat semua orang mengernyitkan dahi.

Rupanya, Joker sendiri sudah berumur 50 tahun. Karakter ini telah muncul sebagai musuh Batman sejak tahun 1966, yang pertama kali diperankan oleh Cesar Romero.

Setelah Cesar, ada Jack Nicholson yang memerankan Joker pada tahun 1989. Setelah itu, ada beberapa aktor yang mengisi suara Joker untuk kebutuhan film animasi, sebut saja Mark Hamill, Kevin Michael Richardson, Jeff Bennett dan Steve Blum yang mengisi suara Joker di game “Lego Batman”.

Setelahnya, muncullah mendiang Heath Ledger, yang memerankan sang psikopat dengan sangat apik. Bahkan, dirumorkan bahwa kematian Heath adalah karena dirinya tak bisa melepaskan karakter Joker dari otaknya.

Setelah Heath yang memerankan karakter Joker dengan pembawaan yang gelap dan jahat, muncullah Leto. Dia memerankan versi Joker yang lebih fancy dan playboy, walau masih tetap jahat.

Semua sosok Joker ini terdapat dalam sebuah video evoulusi Joker dari dulu hingga kini. Videonya bisa kamu lihat di bawah ini. Menurut kamu mana yang paling keren?

(tom)