Ini Dia 5 Alat Musik Terkecil di Dunia, Ada yang Kurang dari 1 Cm

Alunan suara merdu dari sebuah alat musik biasa kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja pada umumnya alat musik tersebut memiliki ukuran yang lazim digunakan para musisi. Selain ukuran normal, rupanya ada juga ukuran alat musik yang diklaim terkecil di dunia. Alat musik apa saja? Berikut 5 alat musik terkecil di dunia, seperti dilansir dari Oddee, Kamis (11/8/2016).

1. Saksofon

Saksofon terkecil di dunia (Oddee)
Saksofon terkecil di dunia (Oddee)

Saksofon bernama Soprillo ini diyakini sebagai saksofon terkecil di dunia, dengan ukuran panjang hanya 30 cm, sama seperti penggaris yang umum digunakan anak sekolah. Suara yang dihasilkan saksofon ini lebih tinggi satu oktaf dibandingkan saksofon sopran.

2. Harmonika

Harmonika terkecil di dunia (Oddee)
Harmonika terkecil di dunia (Oddee)

Dengan dimensi panjang 5 sentimeter dan lebar 1.5 sentimeter, harmonika yang dinamai Little Lady ini menjadi yang terkecil di dunia. Little Lady dibuat di Jerman sekitar 1890-an.

3. Biola

Biola terkecil di dunia (Oddee)
Biola terkecil di dunia (Oddee)

Biola ini merupakan hasil karya Nikolay Siadristy, dengan panjang 0.53 milimeter. Dengan ukuran sebesar itu, mungkin biola ini bisa dimasukan dalam lubang jarum. Senar untuk biola ini dibuat menyerupai Biola Stradivari.

4. Piano

Piano terkecil di dunia (Oddee)
Piano terkecil di dunia (Oddee)

Piano ini dibuat pada tahun 2006 oleh Sega Toys Co. Grand piano ini dilengkapi keyboard berukuran lebar 4 milimeter, 88 tombol dengan fungsi bermain auto dan beratnya hanya 2,5 kg.

5. Nano Guitar

Gitar terkecil di dunia (Oddee)
Gitar terkecil di dunia (Oddee)

Gitar terkecil di dunia berbahan silikon kristal ini tidak lebih besar dari sel tunggal. Gitar ini adalah gitar buatan Universitas Cornell. Panjangnya hanya 10 mikron dan ketebalan plus jarak senar hanya 50 nanometer. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Film yang Berkisah Tentang Perjuangan Atlet Olimpiade

Rekor Dunia! Push Up 13.000 Kali dalam 8 Jam