Indonesia sudah terkenal di mancanegara sebagai negara dengan ribuan pulau yang menjadi sasaran empuk para peselancar karena ada banyak sekali pilihan spot untuk surfing bagi para pemula dan juga profesional. Mulai dari ombak kecil hingga besar, mulai dari ombak yang pelan hingga cepat, semuanya bisa dinikmati di Indonesia. JadiBerita sudah merangkum lima spot surfing terbaik di Indonesia yang paling sering diburu oleh para wisatawan asing, yaitu:

1Pantai Kuta Bali

Surfing di Pantai Kuta (sewamobilbali1st.com)

Pantai Kuta Bali memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan asing. Pantai ini ternyata masuk dalam jajaran 20 tempat surfing terbaik yang ada di dunia. Wajar saja jika Pantai Kuta Bali menempati urutan pertama spot surfing terbaik di Indonesia. Bukan tanpa alasan pantai ini diburu oleh para peselancar karena ombak yang dimiliki sangat beragam, selain itu landscapenya cukup landai dan tidak terlalu dalam sehingga digemari para peselancar pemula.

2Pulau Sipora Mentawai

Pulau Sipora Mentawai (thetravelous.weebly.com)

Pulau Sipora Mentawai yang terletak di Sumatera Barat memang paling banyak dikunjungi peselancar asing dibanding peselancar lokal karena punya banyak titik berselancar kelas dunia seperti titik Hollow Trees dan LanceĆ¢??s Left yang memiliki ombak besar berbentuk silinder dengan lubang di tengahnya. Lalu ada titik The Surgeon Table yang memiliki ombak yang sangat tinggi seolah-olah kamu akan diangkat tinggi-tinggi seperti sebuah piala trophy. Ganasnya ombak yang ada di Pulau Sipora ini memang tak dianjurkan untuk pemula ya JBers, jadi kalau belum terlatih jangan coba-coba surfing di sini.

3Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu (www.hipwee.com)

Nihiwatu yang sedang naik daun di kalangan para traveler karena hotelnya menyandang predikat sebagai salah satu hotel terbaik di dunia ini ternyata punya spot surfing yang sering diburu wisatawan asing. Hampir setiap hari ada peselancar dari berbagai belahan dunia yang datang ke Nihiwatu yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini. Alasan utama Nihiwatu menjadi sasaran spot surfing para wisatawan asing karena ombak di sini sangat besar dan cepat sehingga bagus untuk berlatih. Cepatnya ombak membuat pihak setempat membatasi jumlah peselancar dalam satu jamnya untuk menghindari saling bertabrakan antar sesama peselancar.

4Sungai Bono

Sungai Bono Riau (kompas.com)

Jika biasanya surfing itu di lautan lepas, cobalah untuk surfing di sungai. Loh kok di sungai, memang ada ombaknya? Sungai Bono di Riau berbeda dengan sungai kebanyakan karena memiliki ombak yang terkenal di dunia dengan nama seven ghost alias ombak tujuh hantu. Dinamakan ombak tujuh hantu karena tinggi ombaknya bisa mencapai tujuh meter loh JBers. Selain itu, panjang gulungan ombaknya bisa mencapai 60 km dengan kecepatan 40 km/jam. Ombak yang jarang ditemui di belahan dunia ini membuat para wisatawan asing berdatangan untuk melihat sendiri dasyatnya ombak di Sungai Bono.

5Pantai Lakey

Pantai Lakey (www.wisata.eu)

Pantai Lakey di Nusa Tenggara Barat ini memiliki potensi ombak yang sangat indah. Spot ini sering diburu karena ombaknya yang selalu stabil sepanjang tahunnya sehingga kamu tak perlu menunggu bulan-bulan tertentu datangnya ombak. Selain stabil, ombaknya di Pantai Lakey juga terkenal akan ombak kidal. Ombak kidal ini merupakan istilah ombak yang memiliki arah sapuan ke kiri bukan ke kanan. Keunikan ombak inilah yang membuatnya jadi buruan wisatawan asing.

Bagaimana kelima spot surfing di atas JBers, keren-keren bukan? Apa kamu jadi ingin mencoba surfing?